oleh

Ini Minuman Sehat Pengganti Kopi

PortalMadura.Com – Tanpa disadari ternyata banyak orang kecanduan kopi sejak remaja. Kopi memang memiliki manfaat untuk buat tubuh terjaga karena kopi membangkitkan hormon adrenal sehingga membuat Anda menjadi lebih semangat dan merasa awas.

Namun mengkonsumsi kopi berlebihan juga tak baik buat kesehatan, karena itulah ada beberapa minuman pengganti kopi. Bila Anda ingin mengurangi ketergantungan terhadap minuman yang kaya akan kafein tersebut, cobalah menukar kopi harian Anda dengan salah satu dari smoothies kaya energi ini.

Smoothies memiliki nutrisi yang membantu tubuh Anda melakukan detoksifikasi sekaligus menambah energi tanpa menimbulkan ketergantungan.

Berikut jenis smoothies pengganti kopi yang dapat Anda konsumsi :

Apel, lemon, jahe
Jika Anda memiliki malam yang panjang untuk menyelesaikan banyak pekerjaan atau aktivitas, bangunlah dengan segelas smoothie berisi apel, lemon, dan jahe. Minuman ini kaya vitamin A, B, dan C yang bisa mendetoks liver.

Selain itu juga menjadi cara yang bagus untuk mengatur ulang fungsi tubuh dan memberikan energi lebih untuk menjalani hari berikutnya.

Stroberi, cuka apel murni
Campuran antara stroberi atau cranberry dengan cuka apel memiliki nutrisi dengan khasiat mirip kafein, membuat Anda terbangun dan terjaga tanpa dihantui rasa kantuk.

Minuman ini menjadi salah satu favorit aktris Nikki Reed sebelum ia memulai sesi latihan. Bila butuh lebih banyak energi, Anda bisa mengkombinasikannya dengan suplemen B12.

Teh hijau, madu, kayu manis
Menghirup aroma dari campuran teh hijau, kayu manis, dan madu, lalu nikmati dalam keadaan dingin. Smoothie yang memiliki kafein lebih sedikit dari secangkir kopi ini mampu memberikan energi sama baiknya dengan segelas kopi.

Tentu, ini menjadi pilihan yang lebih sehat, karena tak membuat jantung berdenyut cepat di pagi hari.

Buah Bit
Penelitian telah membuktikan, bahwa jus buah bit mampu meningkatkan stamina dan energi, Inilah alasannya, mengapa beberapa pelari profesional kerap meminumnya sebelum perlombaan.

Sehingga, jika membutuhkan suntikan energi untuk melewati hari yang sibuk, minuman ini akan mengawali hari Anda dengan penuh vitalitas. (kompas.com/Salimah)


Komentar