Ini Pendidikan Anak di Zaman Modern yang Perlu Bunda Ketahui

Avatar of PortalMadura.Com
Ini Pendidikan Anak di Zaman Modern yang Perlu Bunda Ketahui
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Saat ini karena kecanggihan teknologi bukan hanya belanja yang memanfaatkan sistem online, tapi juga pendidikan pada anak. Bahkan ahli mengatakan bahwa sudah terdapat perubahan dalam proses belajar karena anak didik sekarang merupakan generasi ‘digital native’. Generasi ini lahir di era teknologi digital, sehingga akrab dengan penggunaan komputer atau internet sejak dini.

Mereka terbiasa melakukan kegiatan belajar di mana saja termasuk di tempat umum. Mereka memang tetap butuh pendidik yang ahli di bidangnya namun tidak harus seseorang yang memiliki lisensi karena itu mereka memerlukan cara belajar yang disebut Pendidikan 3.0.

Terdapat perubahan yang sangat signifikan dari transisi Pendidikan 2.0 yang masih memerlukan guru. Sehingga, ketika memasuki versi Pendidikan 3.0, anak menjadi ‘pembelajar sendiri’ yang haus akan ilmu dan akan mencarinya sendiri dari berbagai sumber, termasuk dari internet, sehingga tidak tergantung dari seorang guru.

Tentunya kondisi ini akan mengubah peran pendidik menjadi seorang pendamping atau pelatih dan tidak menggurui lagi. Keberadaan internet ini menghilangkan masalah ruang dan waktu. Karena itu dalam hal ini peran Anda sebagai orang tua diperlukan sebagai pendamping.

Selain itu, orang tua juga berperan dalam menanamkan batas-batas serta nilai-nilai moral dan rohani untuk menyaring dampak negatif dari teknologi modern dan globalisasi. Lalu, Anda juga perlu mengarahkan anak pada tujuan yang mereka rancang sendiri, karena dalam proses belajar gaya ini banyak terdapat distraksi.

Jangan lupa ingatkan anak tentang tujuannya adalah belajar, bukan hanya main game atau bercengkrama dengan teman-teman di media sosial.

Dalam buku yang ditulis oleh Natalia Ridwan, Ning Nathan dan Yulianti Hendra ini juga tertulis bahwa model pendidikan sebaiknya personalised learner-driven dan relevan. “Gambaran ideal sebuah sekolah ialah yang menggabungkan belajar mandiri dengan kegembiraan, kebebasan, dan cinta kasih,” kata tim penulis.

Karena tujuannya terpusat pada anak dan sifat ‘pembelajar’, hendaknya hal ini menjadi perhatian semua orang tua dan pendidik. Ya, karena Sudah saatnya anak-anak kita mendapatkan pendidikan yang sesuai dengan zamannya. (haibunda.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.