oleh

Ini Pentingnya Pakai Sunscreen Setiap Hari

PortalMadura.Com – Menggunakan sunscreen merupakan salah satu pilihan yang efektif untuk mencegah kerusakan kulit. Apalagi bagi seseorang yang aktivitas kesehariannya terkena sinar UV, alias sinar matahari.

Selain bisa membuat kulit terbakar juga bisa menyebabkan kanker kulit. Anda tentu tidak mau kan jika memiliki kulit yang demikian. Oleh karena itu, penggunaan sunscreen penting dilakukan. Lantas, benarkah harus pakai setiap hari?.

Untuk mengetahui jawabannya, mari simak ulasan berikut ini:

Sebenarnya, Apa Sunscreen Itu?
Sunscreen adalah produk perawatan kulit berbentuk losion, spray, gel, foam, atau stick yang dapat digunakan untuk melindungi kulit dari radiasi sinar UV, baik UVA maupun UVB. Meski UVA dan UVB sama-sama buruk bagi kulit, sinar UVA menimbulkan dampak kerusakan yang lebih parah karena bisa menembus bagian terdalam kulit Anda.

Bayangkan saja, radiasi sinar UVA dapat menembus awan dan kaca, baik itu pada siang, malam, bahkan ketika cuaca sedang mendung. Sinar UVA dapat mempercepat penuaan kulit serta menyebabkan keriput dan flek hitam.

Sementara sinar UVB (Ultraviolet-Burning) merupakan sinar matahari yang memiliki panjang gelombang lebih kecil dari sinar UVA. Sinar UVB tidak menembus kaca dan awan, tapi radiasinya jauh lebih kuat daripada UVB. Terkena sinar UVB sebentar saja dapat menyebabkan kulit terbakar (sunburn). Jika kulit sering terkena radiasi kedua sinar tersebut, risiko Anda terkena kanker kulit pun kian besar.

Pentingnya Pakai Sunscreen Setiap Hari
Efek paparan sinar UV bisa dirasakan dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Beberapa dampak jangka pendek meliputi:

– Terbakar matahari (sunburn)
– Kulit gelap
– Kulit hitam
– Kulit kusam

Sementara dampak jangka panjang meliputi:

– Penuaan kulit
– Kulit keriput
– Kulit kendur/tidak kencang
– Muncul bercak-bercak kecokelatan atau flek hitam
– Bahkan, risiko kanker kulit

Jika Anda tidak mau mengalami berbagai dampak di atas, maka jangan lupa pakai sunscreen setiap hari, terutama saat sedang beraktivitas di luar ruangan. Tidak hanya orang dewasa saja, bayi pun sebaiknya juga dioleskan sunscreen setiap kali ketika akan dibawa keluar rumah. Namun, penggunaan sunscreen direkomendasikan pada bayi di atas usia 6 bulan.

Ingat, sinar UVA menghantui Anda setiap hari, bahkan jika cuaca mendung. Jadi, jangan malas untuk pakai sunscreen setiap kali berkegiatan di luar ruangan.

Jangan Lupa, Pakai Sunscreen Tiap 2 Jam Sekali
Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan anjuran pakai sunscreen setiap 2 jam sekali. Namun, kenapa harus 2 jam sekali?. Faktanya, meski sunscreen ampuh untuk menghalangi sinar matahari menembus kulit, tapi daya perlindungannya akan semakin berkurang dari waktu ke waktu sejak awal digunakan. Entah itu karena keringat, gesekan dengan kulit, ekspresi wajah, atau lain sebagainya.

Baca Juga : 5 Bagian Tubuh yang Wajib Diolesi Sunscreen, Anda Penasaran?

Jadi, jika ingin mendapatkan perlindungan yang maksimal, sunscreen perlu diulang pemakaiannya secara berkala setiap 2 jam sekali. Apalagi jika sehari-hari Anda berkegiatan di luar ruangan yang memungkinkan terkena matahari secara langsung.

Anda juga sebaiknya menggunakan sunscreen jika berada di ruangan yang masih terkena sinar matahari, misalnya ada jendela dan pintu yang memungkinkan sinar matahari masuk atau ada langit-langit kaca. Seperti yang sudah disebutkan di atas, sinar UVA bisa menembus kaca.


Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : hellosehat.com

Komentar