Ini Tanaman Alternatif Pada Musim Kemarau

Avatar of PortalMadura.com
Ini Tanaman Alternatif Pada Musim Kemarau
Aktifitas Petani

PortalMadura.Com, Bangkalan – Pemerintah Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur melalui Kodim setempat memprogramkan salah satu bentuk antisipasi krisis pangan akibat kekeringan pada musim kemarau tahun 2015.

“Saya melalui jajaran Koramil sampai Babinsa, untuk menghimbau dan mengajak petani binaannya agar menanam tanaman hortikultura, seperti kedelai dan jagung saat musim kemarau seperti sekarang, kuawatir jika ditanami padi, hasil panen menurun, bahkan gagal panen,” kata Dandim 0829/Bangkalan Letkol Infanteri Sunardi Isnanto, di Bangkalan, Jumat (11/9/2015).

Menurutnya, musim kemarau tidak dapat dihindari karena merupakan siklus alam, tapi ada beberapa langkah antisipasi yang dapat dilakukan agar para petani tidak mengalami gagal panen.

“Antisipasinya secara konseptual kita menyarankan kepada masyarakat (petani) supaya menanam hortikultura seperti kedelai, jagung, atau tanaman lain,” katanya.

Baca Juga:  Festival 'Jaga Jaggur', Titik Awal Kebangkitan UMKM Sumenep

Jika petani tetap ingin menanam padi, lanjutnya, maka diharapkan dilakukan pembagian air secara merata atau bergiliran, sehingga tidak akan ada daerah yang terus menerus mendapat pasokan air atau sebaliknya.

Peran aktif aparat Koramil sampai Babinsa Kodim Bangkalan, menyusul adanya pendistribusian bantuan bibit ke masyarakat beberapa waktu lalu, harus ditindaklanjuti pendampingan dan pengawasannya supaya tepat sasaran dan benar-benar ditanam oleh petani.

Seperti yang dilakukan jajaran Koramil 03/Kamal Kodim 0829/Bangkalan, memperdayakan Babinsanya untuk bersama Mantan, PPL, Mahasiswa Universitas Brawijjaya dan Sekolah Tinggi Penyukuh Pertanian (STTP) Malang selaku pendamping Swasembada Pangan program Upaya Khusus (Upsus).

Kegiatan yang dilakukan memberi contoh sistem penanaman kedelai dan jagung yang tepat kepada kelompok Tani Mandiri 4 di Desa Telang Kecamatan Kamal Kabupaten Bangkalan.

Baca Juga:  Festival 'Jaga Jaggur', Titik Awal Kebangkitan UMKM Sumenep

“Bantuan benih jagung dan kedelai sudah diberikan. Mulai sekarang, di Kecamatan Kamal yang sudah dapat bantuan benih sudah bisa melakukan penanaman,” ujarnya Danramil 03/Kamal Kapten Infanteri Windoko.

“Saat ini sudah memasuki musim kemarau, lebih tepat menanam kedelai dan jagung,” imbuh Sunarto, salah seorang PPL.(rls/har)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.