Inilah 10 Cara Alami Bersihkan Kotoran Telinga yang Aman dan Nyaman

  • Bagikan
cara membersihkan telinga yang aman nyaman
ilustrasi

PortalMadura.ComCarumen merupakan bahasa ilmiah dari kotoran telinga yang berfungsi sebagai sistem pertahanan telinga untuk menangkap kotoran, debu, atau bakteri yang akan masuk ke telinga. Sebenarnya kotoran ini tidak selalu berdampak buruk bagi kesehatan.

Bahkan, kotoran telinga bisa membantu melindungi rongga telinga dan menjaganya tetap berpelumas. Namun, bila zat ini disekresikan oleh kelenjar kecil di saluran telinga yang jika terakumulasi bisa menimbulkan rasa tidak nyaman, bau, dan gatal sehingga perlu dibersihkan.

Cara membersihkan telinga pun tidak boleh asal-asalan. Sebab, bisa jadi Anda malah akan mendorong kotoran telinga masuk terlalu dalam dan bisa menimbulkan infeksi. Lantas, bagaimana cara membersihkan kotoran telinga secara aman dan nyaman?.

Berikut ini ulasannya:

Hidrogen Peroksida
Membersihkan kotoran telinga dengan hidrogen peroksida sebenarnya aman untuk dilakukan, meski dari namanya terdengar menakutkan. Tapi, komponen ekstra oksigen di dalamnya akan membantu melarutkan kotoran telinga dengan cepat dan mencegah infeksi.

Caranya, ambil kapas dan celupkan di dalam cairan ini. Lalu bersihkan telinga Anda secara perlahan.

Minyak Kelapa
Minyak kelapa merupakan bahan alami yang sangat berguna untuk membersihkan kotoran telinga karena kandungan asam lemak dalam kadar sedangnya. Minyak ini juga membantu melawan infeksi dan berbagai bakteri di telinga.

Cukup panaskan sedikit minyak kelapa. Setelah hangat, teteskan sedikit di dalam telinga dan biarkan mengendap selama 5 menit. Lalu bersihkan dengan kapas.

Alkohol

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.