oleh

Inilah 3 Cara Munculkan Rasa Syukur dalam Diri Anda

PortalMadura.Com – Islam menganjurkan umat muslim untuk selalu meningkatkan rasa syukur terhadap nikmat yang Allah SWT berikan agar dapat meraih kesuksesan. Sayangnya, masih banyak orang yang tidak atau kurang bersyukur atas nikmat yang diberikan Allah di dunia ini.

Padahal, hidup Anda sudah bergelimang anugerah dan nikmat. Nikmat sebagai makhluk yang paling sempurna penciptaannya. Sebagaimana firman Allah: “Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya” (QS at-Tin: 4).

Lantas, bagaimana cara memunculkan rasa syukur dalam diri kita?. Simak berikut ini caranya:

Menghitung Nikmat Allah
Ketika kesadaran akan rasa syukur pudar, justru yang perlu dilakukan adalah menghitung-hitung nikmat yang sudah Allah anugerahkan kepada Anda.

Mengingat Jasa-jasa Orang Lain
Dalam hadis riwayat Imam Ahmad disebutkan, barang siapa yang tidak bersyukur kepada manusia, maka ia tidak bersyukur kepada Allah.

Menyebutkan Anugerah Allah
Dalam surah Adh-Dhuha ayat 11 disebutkan, bahwa hendaknya orang-orang yang menerima anugerah Allah, selalu menyebutkan nikmat-nikmat yang sudah diterima.

Seperti menyadari betapa nikmatnya hidup dengan mensyukuri butir nasi dan tegukan air yang masuk ke dalam tubuh. Alangkah memesonanya hidup dengan menyelami setiap kedipan mata yang secara otomatis bergerak saat ada yang akan menyentuhnya.

Duhai kasih dan sayangnya Allah kepada Anda, atas setiap detak jantung yang tetap bergerak meskipun si empunya diri sedang tertidur lelap. Semoga syukur menjadi gaya hidup harian Anda, saat membuka mata pertama kali pada waktu fajar. (republika.co.id/Salimah)


Tirto.ID
Loading...

Komentar