Inilah 3 Cara Rasulullah Memperlakukan Orang Lain

Avatar of PortalMadura.Com
Inilah 3 Cara Rasulullah Memperlakukan Orang Lain
ilustrasi

PortalMadura.Com merupakan manusia pilihan Allah yang mempunyai sifat lemah lembut dan kasih sayang terhadap sesama. Beliau orang lain dengan penuh kelembutan, karena itu beliau dicintai oleh orang-orang di sekitarnya, bahkan para non-Muslim mencintai Rasulullah.

Sebagai umat Rasulullah, tentunya kita harus mengikuti segala sesuatu yang beliau ajarkan. Ajaran Rasulullah tidak hanya terkait masalah ibadah kita kepada Allah SWT, namun juga ketika berhubungan dengan orang lain.

Berikut tiga perilaku yang dicontohkan Rasulullah dalam memperlakukan orang lain:

Perlakuan Rasulullah Terhadap Tetangga
Tetangga adalah orang yang paling dekat dengan lingkungan kita sehari-hari. Oleh karena itu, memiliki hubungan yang baik dengan tetangga sangat ditekankan oleh Rasulullah.

Seperti yang beliau wasiatkan: “Jibril selalu saja mewasiatkan padaku akan hak tetangga, sampai-sampai aku menyangka bahwa dia akan mewarisi aku,” (H.R. Bukhari dan Muslim).

Rasulullah juga berwasiat kepada Abu Dzar al-Ghifari: “Wahai Abu Dzar, jika engkau memasak gulai, perbanyaklah airnya dan bagikanlah kepada tetanggamu,” (H.R. Muslim).

Selain itu, Rasulullah sering mengingatkan agar tidak menyakiti tetangga: “Tidak akan masuk surga orang yang tetangganya tidak merasa aman karena ulah perbuatannya,” (H.R. Muslim).

Sebagai penghormatan dan penghargaan kepada tetangga, Rasulullah bersabda: “Barangsiapa beriman kepada Allah dan hari akhir, maka hendaklah dia berbuat baik kepada tetangganya,” (H.R. Muslim).

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.