PortalMadura.com

Inilah 4 Amalan Istimewa di Hari Jumat yang Sering Diabaikan

  • Selasa, 14 November 2017 | 17:00
Inilah 4 Amalan Istimewa di Hari Jumat yang Sering Diabaikan
ilustrasi

PortalMadura.Com – Jumat merupakan salah satu hari yang diagungkan dibandingkan hari lainnya. Hari istimewa ini juga memiliki banyak keberkahan dari pagi hingga menjelang malam.

Bahkan dalam sebuah hadis disebutkan, bahwa hari Jumat lebih agung disisi Allah SWT dibanding Idul Fitri dan Idul Adha. Nantinya, Allah akan menampakkan diri setiap Jumat kepada manusia yang masuk surga. Pada hari itu begitu banyak amalan yang bisa mendatangkan pahala.

Sayangnya, umat muslim sering melewati hari Jumat begitu saja. Apalagi jika bukan karena urusan dunia yang selalu menjadikan lupa. Padahal, amalan ini cukup mudah namun memiliki banyak keutamaannya. Apa saja amalan itu?.

Berikut empat amalan istimewa di hari Jumat yang sering terlewati:

Membaca Surah As Sajdah dan Al Insan pada Saat Salat Subuh
Amalan istimewa pertama yang sering dilewatkan adalah membaca surah As Sajdah dan Al Insan pada saat salat Subuh setelah Al-Fatihah. Amalan ini bahkan disunahkan oleh Rasulullah dan harus dibaca secara lengkap pada rakaat pertamanya, bukan sebagian ayatnya.

Begitu juga pada rakaat kedua, membaca surah Al-Insan secara lengkap, bukan sebagian ayatnya saja. Sebagaimana terdapat dalam hadis Abu Hurairah, beliau berkata: “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa membaca pada salat Subuh di hari Jumat “Alam Tanzil …” (surah As Sajdah) pada rakaat pertama dan “Hal ataa ‘alal insaani hiinum minad dahri lam yakun syai-am madzkuro” (surah Al Insan) pada rakaat kedua” (HR. Muslim no. 880).

Adapun hikmah dari membaca kedua surah tersebut adalah karena kandungan makna yang terdapat di dalamnya. Kedua surah itu menerangkan tentang bagaimana penciptaan manusia dan kejadian akan datang yang akan dilalui setiap manusia, berupa hari kebangkitan, manusia dikumpulkan di padang mahsyar, dan tempat tinggal terakhir di akhirat.

Memperbanyak Selawat kepada Rasulullah

Loading...
Advertisement
Iklan Murah

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional