Inilah 4 Keutamaan Menunggu Waktu Salat Yang Wajib Anda Ketahui

Avatar of PortalMadura.Com
Inilah 4 Keutamaan Menunggu Waktu Salat Yang Wajib Anda Ketahui
ilustrasi

PortalMadura.Com – Salat merupakan salah satu kewajiban yang harus dilaksanakan oleh umat Islam. Selain memperoleh pahala, ternyata ada banyak yang akan didapatkan orang yang senantiasa melaksanakan ibadah yang satu ini.

Namun, saat ini masih banyak orang mengutamakan duniawi terlebih dahulu baru setelahnya mengerjakan salat. Bahkan, harus salat diakhir waktu karena urusan dunia yang tidak kunjung selesai. Padahal, tanda bahwa seseorang telah menjadikan salat sebagai kebutuhan adalah keistikamahannya dalam memburu salat secara tepat waktu.

Salat tepat waktu adalah keutamaan yang dicontohkan Rasulullah. Keutamaannya akan berlipat apabila dilakukan di masjid dan berjamaah. Keutamaan ini akan berlipat lagi tatkala Anda mempersiapkan diri sebelum melaksanakannya dengan sebelum azan berkumandang.

Berikut empat keutamaan menunggu :

Bukti Kecintaan Hamba
Menunggu salat adalah bukti kecintaan seorang hamba kepada Tuhannya. Sebagai analogi, seseorang yang sedang dimabuk cinta akan senantiasa merindukan perjumpaan dengan yang dicintainya. Tatkala ada janji bertemu, ia akan berusaha untuk tidak terlambat.

Begitu pula saat kita merindukan Allah, kita akan selalu menunggu berjumpa dengan-Nya dan akan selalu menunggu perjumpaan itu.

Mengundang Kebaikan Lain
Menunggu waktu salat akan membuka kesempatan bagi Anda untuk melakukan banyak kebaikan lainnya. Misalnya membaca Alquran, i'tikaf, berdzikir, membereskan tempat salat, dan lainnya. Satu kebaikan biasanya akan mengundang kebaikan lainnya.

Kecilnya Peluang Bermaksiat
Saat menunggu salat kemungkinan bermaksiat menjadi sangat kecil. Karena, seseorang akan lebih fokus untuk melakukan segala amalan kebaikan. Hal ini yang kemudian membuat kemungkinan untuk bermaksiat itu menjadi sangat kecil.

Menjaga Kebersihan Diri dan Hati
Saat menunggu salat Anda akan berusaha menjaga kebersihan diri dan hati. Bukankah salah satu syarat sahnya salat adalah bersih badan dan tempat salat dari najis?.

Oleh karena itu, Rasulullah menjanjikan bahwa seseorang dikategorikan sedang salat, tatkala ia meniatkan diri menunggu datangnya waktu salat. Bahkan, saat itu para malaikat terus melantunkan doa agar Anda dirahmati Allah SWT.

Rasulullah bersabda, “Sesungguhnya salah seorang di antara kalian (terhitung) di dalam salat selama tertahan oleh salat sedang para malaikat mendoakan mereka: ‘Ya Allah, ampunilah dia, ya Allah rahmati dia, selama dia tidak berdiri dari tempat salatnya atau ber-hadas (batal wudunya),” (HR Bukhari). (republika.co.id/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.