oleh

Inilah 4 Makanan yang Cepat Turunkan Kolesterol Tinggi

PortalMadura.Com – Kolesterol memiliki fungsi untuk mencerna makanan, memproduksi hormon, serta menghasilkn vitamin D. Jika dilihat dari jenisnya, ada dua bagian yaitu kolesterol baik dan ada juga kolesterol jahat.

Nah, saat seseorang sudah terlanjur mempunyai kolesterol yang tinggi, maka mengatur dan menjaga makanan yang masuk ke tubuh menjadi tanggung jawab penderitanya. Karena, kolesterol jahat yang tinggi dalam darah dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung.

Untuk mengurangi risiko tersebut, sebaiknya perbanyak mengonsumsi empat makanan berikut ini, apa saja itu?. Yuk simak:

Kacang-kacangan
Kacang-kacangan mengandung tinggi serat yang mudah dicerna ke dalam sistem tubuh. Serat yang ada di dalamnya bermanfaat bagi kesehatan khususnya untuk mengendalikan kadar kolesterol.

Bukan hanya itu, kacang-kacangan seperti lentil, buncis, kacang merah juga merupakan tambahan yang bagus untuk diet karena membantu mengurangi trigliserida, lemak darah, yang berkaitan dengan penyakit jantung.

Oatmeal
Mirip dengan kacang, oatmeal juga mengandung serat larut yang menjaga tingkat gula darah selalu stabil selama proses pencernaan. Ya, oatmeal merupakan menu sarapan populer yang tidak hanya mengenyangkan, namun juga bisa mengurangi penyerapan kolesterol jahat di dalam aliran darah sehingga bisa mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Buah-buahan Asam
Buah-buahan yang sedikit asam dan berair seperti jeruk, anggur, dan beri, merupakan buah-buahan yang sangat baik untuk menangkal kolesterol. Buah-buahan tersebut mengandung senyawa yang disebut pektin, yang merupakan serat larut.

Serat larut ini sangat dipercaya karena bekerja dengan keras untuk menjaga sistem sirkulasi darah tetap bersi dari (LDL) low-density lipoprotein atau kolesterol jahat. Maka itu, masukkan buah-buahan asam tersebut ke dalam rencana diet dan sesekali menikmati jeruk untuk menjaga agar darah mengalir dengan lancar.

Ikan Salmon
Minyak dari ikan salmon betul-betul bermanfaat bagi kesehatan. Ini karena ikan salmon memiliki banyak asam lemak Omega-3 yang menurunkan jumlah LDL dalam darah.

Mengonsumsi ikan salmon secara teratur sebagai pilihan lemak sehat juga dapat memerangi gangguan kolesterol yang bisa mengancam kesehatan kardiovaskular. (detik.com/Putri)


Komentar