Inilah 4 Manfaat Rumput Teki untuk Kesehatan Anda

Avatar of PortalMadura.com
Inilah 4 Manfaat Rumput Teki untuk Kesehatan Anda
Inilah 4 Manfaat Rumput Teki untuk Kesehatan Anda

PortalMadura.Com – Rumput teki merupakan salah satu jenis rerumputan yang sering dianggap mengganggu, karena dapat menyerap unsur hara yang seharusnya diambil oleh tanaman dan juga rerumputan yang kita rawat di pekarangan rumah.

Rumput teki atau yang memiliki nama ilmiah Cyperus Rotondus ini ternyata memiliki beberapa manfaat. Meskipun sering dituding sebagai salah satu jenis gulma yang menyusahkan, namun ternyata rumput teki bisa bermanfaat bagi kesehatan manusia.

Manfaat Rumput Teki untuk Kesehatan

Nah berikut ini beberapa manfaat dan cara mengolah rumput teki menjadi obat herbal :

1. Melancarkan Siklus Haid

Rumput teki memiliki manfaat untuk melancarkan siklus dengan cara membantu proses peleburan hormone. Cara untuk memanfaatkanya yaitu dengan cara memilih rumput teki yang masih baik dan membersihkannya, lalu merebusnya.

Baca Juga:  Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Semangka bagi Tubuh Manusia

Dan terakhir, air rebusan tadi bisa diminum ketika haid tidak lancar.

2. Obat penurun demam

Rumput teki yang tumbuh disekitar rumah anda juga bisa menurunkan demam. Yaitu dengan cara menumbuk rumput teki yang telah bersihkan. Kemudian, campurkan dengan sedikit air hangat dan kompreskan di dahi anda sebagai penurun demam.

3. Obat pereda luka

Rumput teki juga bermanfaat sebagai obat pereda rasa sakit pada luka. Caranya memanfaatkannya pun mudah. Yaitu, bersihkanlah rumput yang telah dipilih dan tumbuklah secara kasar saja.

Kemudian, balurkan rumput yang telah ditumbuk tadi bagi bagian yang terluka. Tunggu hingga luka mengering.

4. Mengobati gangguan saluran pencernaan

Jika anda sering disering sembelit, anda patut mencoba khasiat dari rumput teki. Karena, rumput teki juga mengandung khasiat untuk mengobati gangguan saluran pencernaan. Caranya ialah dengan merebus rumput teki yang telah dibersihkan dan meminum air rebusan tadi.

Baca Juga:  Anda Sering Sakit Punggung? Hindari 3 Makanan Ini!

Ya, itu tadi 4 manfaat tentang rumput teki yang bisa kami informasikan kepada Anda. Kini, Anda bisa lebih tahu bahwa rumput teki yang sering dianggap tanaman penganggu ini rupanya bisa dimanfaatkan pula untuk kesehatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.