Inilah 4 Nasihat Rasulullah yang Sebaiknya Diamalkan di Bulan Maulid

Avatar of PortalMadura.com
Inilah 4 Nasihat Rasulullah yang Sebaiknya Diamalkan di Bulan Maulid
ilustrasi

PortalMadura.Com – Zaman sekarang ini sudah banyak ditemui hal-hal yang tidak sesuai dengan Ajaran Rasulullah. Maka dari itu, di yang jatuh pada tanggal 1 Desember 2017 ini, ada baiknya jika umat muslim mengingat nasihat-nasihat yang pernah diberikan Rasulullah supaya tidak menyimpang dari ajaran beliau.

Lantas, nasihat apa saja yang disampaikan rasulullah kepada umat muslim?. Berikut empat kepada rekannya, Abu Dharr al-Ghifarri. Namun, nasihat itu tidak semata-mata hanya untuk Abu Dharr, tetapi juga untuk umatnya:

Jangan Menunda-nunda
Rasulullah berpesan kepada Abu Dharr untuk tidak menunda-nunda waktu. “Jika besok ada untukmu, jadikanlah besok seperti hari ini, sehingga jika tidak ada besok, kamu akan sedih menyesali kesempatan yang kamu lewatkan hari ini”.

Selalu Ingat Tuhan
Rasulullah berpesan agar Anda harus selalu ingat Allah SWT dalam keadaan apapun, baik senang maupun susah, sebab Allah SWT juga akan mengingat Anda meski di masa-masa sulit sekalipun.

Nasihat tersebut mengingatkan Anda yang terkadang sering lupa kepada Allah di saat dalam keadaan bahagia, namun membutuhkan-Nya saat Anda berada dalam keadaan sulit.

Jauhi Gosip
Rasulullah berpesan untu selalu mewaspadai fitnah, karena fitnah lebih buruk daripada perzinahan. Mengapa begitu? Karena seseorang dapat melakukan perzinaan dan kemudian bertobat, lalu Allah SWT memaafkannya. Tapi, fitnah tidak bisa dimaafkan sampai mereka (yang difitnah) bersedia memaafkan.

Padahal, kebanyakan dosa dapat dimaafkan dengan meminta pengampunan dari-Nya. Namun, ketika Anda berbicara buruk tentang seseorang, maka yang perlu memaafkan Anda adalah orang tersebut. Rasulullah pun memberi saran agar Anda tetap menjaga perkataan agar terhindar dari perilaku gosip.

Prioritaskan Doa
Rasulullah mengamanatkan Anda agar mencintai salat seperti makanan yang bisa dicintai orang lapar, bukan hanya sebagai menjalani kewajiban atau tugas. (okezone.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.