oleh

Inilah 4 Tips Jitu Mendidik Remaja untuk Menghargai Uang

PortalMadura.Com – Mengajarkan sesuatu yang positif memang akan lebih baik jika dilakukan sedini mungkin. Sama halnya seperti mengajarkan anak remaja tentang menghargai uang saku atau bulanan yang telah orangtua berikan.

Namun, mendidik anak untuk bisa menghargai uang bukanlah perkara mudah bagi para orangtua. Pasalnya, fase remaja pernah dialami setiap orangtua, karenanya pasti memahami keadaan anaknya.

Semua orangtua tentu tidak ingin anaknya menjadi pemboros, tidak bisa menabung serta membelanjakan uangnya tanpa perencanaan. Akan tetapi para orangtua tidak perlu khawatir, karena banyak cara untuk mengajarkan anak menghargai uang, agar anak dapat belajar menggunakan uang dengan bijaksana.

Berikut empat cara mendidik remaja agar bisa menghargai uang:

Berikan Contoh
Anak-anak sering belajar dari kebiasaan keuangan orangtua mereka. Oleh karena itu, jika Anda dalam berbelanja kadang membeli hal-hal yang tidak benar-benar dibutuhkan, maka kemungkinan anak-anak akan mengikuti. Demikian pula, jika Anda sering menabung, maka anak-anak pun akan cenderung suka menabung juga.

Sebelum berbicara langsung kepada remaja Anda, ada baiknya ajak mereka untuk duduk bersama dan ceritakan sejarah keuangan dalam keluarga Anda.

Kemudian, ajak mereka membangun kebiasaan, beri contoh dampak baik dan buruk saat melakukan kebiasaan tersebut. Dengan mengajarkan hal yang baik pada anak-anak, maka mereka pun akan terbiasa melakukannya.


Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE