Inilah 5 Bahan Alami Pembasmi Ketombe Menurut Dermatologis

Avatar of PortalMadura.com
Ketombe
ilustrasi
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Ketombe merupakan salah satu masalah rambut yang lazim dialami semua orang, baik kaum pria maupun wanita. Rambut adalah keindahan, apalagi bagi seorang wanita. Namun, bagaimana jadinya jika rambut Anda yang lebat dan indah itu diserang ketombe?.

Ketika Anda mengalami masalah ketombe yang berlarut-larut, ada baiknya jika Anda selalu menyediakan bahan-bahan alami untuk mengatasinya. Mengapa harus bahan alami?. Karena seringkali justru produk perawatan rambut Anda yang menjadi penyebabnya.

Menurut para ahli kesehatan kulit atau dermatologis, ada sekian bahan alami yang ampuh meredakan gatal di kulit kepala dan mengatasi ketombe.

Berikut lima bahan alami untuk mengatasi ketombe menurut dermatologis:

Minyak Kelapa
Minyak kelapa mungkin tidak begitu nyaman dipakai karena membuat rambut berat dan berminyak, tapi justru baik mengatasi ketombe. Caranya, oleskan secara merata di kulit kepala dan biarkan 20 menit, lebih lama lebih baik.

Baca Juga:  5 Perbedaan Clay dan Pomade, Kaum Pria Wajib Baca!

Cuka Apel
Karena pH asam pada cuka apel mampu membersihkan kulit kepala dan mengurangi gatal, cuka apel baik dijadikan masker atau keramas untuk rambut berketombe.

Namun jangan langsung dituang ke kepala, campurkan cuka dengan air  (perbandingan separuh), biarkan selama 15 menit dan bilas setelahnya.

Aspirin
Obat pereda nyeri ini juga ampuh meredakan rasa gatal dan perlahan mengurangi ketombe. Aspirin mengandung asam salisilat, cukup hancurkan aspirin dan campur dengan sedikit air, ratakan di kulit kepala.

Lidah Buaya
Lidah buaya bukan hanya baik untuk kulit, efek menyembuhkan dan dingin dari aloe vera ini mampu membunuh penyebab ketombe dari akar rambut. Memakai masker rambut dengan lidah buaya juga ampuh meredakan gatal dan kering di kulit kepala.

Baca Juga:  5 Perbedaan Clay dan Pomade, Kaum Pria Wajib Baca!

Minyak Kayu Putih
Anda tidak menyangka bahwa minyak yang umumnya digunakan untuk masuk angin ini juga bisa mengatasi ketombe?. Minyak kayu putih ampuh meredakan inflamasi di kulit.

Mona Gohara, MD, dermatologis sekaligus profesor asal Connecticut mengatakan, Anda bisa menambahkan minyak kayu putih saat keramas untuk kesehatan kulit kepala.

Lakukan kelima treatment di atas secara rutin, kemungkinan besar masalah ketombe akan segera hilang dan Anda akan mendapatkan rambut sehat alami. (vemale.com/Salimah)

Ikuti Berita Terbaru Dari PortalMadura.com di  Google Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.