Inilah 5 Hal yang Perlu Diajarkan Orang Tua Supaya Anak Terhindar dari Bullying

Avatar of PortalMadura.com
Inilah 5 Hal yang Perlu Diajarkan Orang Tua Supaya Anak Terhindar dari Bullying
ilustrasi

PortalMadura.Com – Saat ini kasus atau semakin marak di kalangan masyarakat. Hal ini tentu sangat mengkhawatirkan, terutama bagi orang tua yang kerap kali anaknya memiliki pergaulan bebas.

Bullying memang merupakan masalah yang cukup krusial dalam pergaulan anak-anak dan remaja. Walaupun terlihat sepele, tetapi masalah ini ternyata membawa dampak yang cukup serius bagi perkembangan jiwa dan emosional anak di masa depan. Wajar kalau sebagai orang tua Anda merasa khawatir.

Namun, tentu saja Anda tidak bisa melindungi mereka selama tujuh kali dua puluh empat jam. Ada waktu-waktu tertentu di mana Anda tidak bisa memberikan pengawasan penuh kepada mereka. Daripada bersikap overprotektif, akan lebih baik kalau Anda mengajarkan pentingnya mekanisme pertahanan diri kepada anak agar mereka bisa mempertahankan diri dari tindakan bullying.

Selain itu, tindakan ini akan berguna bagi mereka sampai di masa dewasa. Lantas, cara apa saja yang perlu diajarkan orang tua agar anak bisa mempertahankan diri dari bullying?.

Berikut lima hal yang perlu diajarkan orang tua menurut Dr. Laura Markham, dari Aha! Parenting:

Besarkan Anak di Lingkungan yang Penuh Cinta
Cara paling efektif untuk mencegah anak menjadi korban bullying atau pelaku bullying di masa depan adalah dengan membesarkan mereka di lingkungan penuh kasih sayang sejak kecil.

Cara Anda berinteraksi dengan pasangan dan anak-anak akan terekam dalam memori si buah hati dan ia terapkan pada kehidupan sosialnya di luar rumah. Jadi pastikan Anda memberi contoh yang baik baginya. Ajarkan kepadanya bahwa sikap-sikap yang menjurus pada penindasan secara emosional dan fisik merupakan hal buruk, agar ia tidak melakukan hal ini kepada orang lain.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.