Inilah 5 Khasiat Tersembunyi Bangun Pagi untuk Kesehatan Anda

Avatar of PortalMadura.com
Inilah 5 Khasiat Tersembunyi Bangun Pagi untuk Kesehatan Anda
ilustrasi

PortalMadura.Com bagi para pekerja tentu bukan hal yang sulit dilakukan. Apalagi, jika mereka menggunakan angkutan umum sebagai alat transportasi. Akan tetapi, jangan karena takut terlambat masuk kerja sehingga lebih bangun pagi.

Sebab, bangun pagi ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan Anda. Selain itu, sebaiknya Anda bangun pagi sebelum matahari terbit atau sekitar pukul 4.30 sampai 5.00.

Berikut lima manfaat bangun pagi untuk kesehatan:

Membuat Orang Lebih Sukses
Sebuah penelitian pada tahun 2008 yang dilakukan oleh Universitas Texas, menemukan, bahwa mahasiswa yang sering bangun pagi memiliki nilai yang lebih tinggi pada GPA atau IPK mereka dibandingkan dengan mahasiswa yang suka begadang dan jarang bangun pagi.

Orang yang Bangun Pagi Lebih Bahagia
Bahagia di sini bukan berarti merasa senang dalam waktu 15 menit setelah bangun pagi, melainkan membuat suasana hati seseorang lebih bahagia secara umum setiap hari.

Penelitian menunjukkan, bahwa manula cenderung lebih bahagia daripada anak-anak muda karena mereka lebih sering bangun pagi. Sementara anak-anak muda dan dewasa yang sering bekerja dan bermain hingga larut malam, serta jarang bangun pagi memiliki suasana hati yang lebih buruk setiap harinya.

Memiliki Tubuh yang Lebih Sehat dan Bugar
Bangun pagi membuat orang lebih bersemangat untuk olahraga dan menghirup udara segar. Tentu saja, hal ini membuat tubuh mereka lebih bugar dan sehat.

Kebanyakan orang yang sukses memiliki kebiasaan bangun lebih pagi. Olahraga dan menghirup udara segar di pagi hari bisa meningkatkan suasana hati dan memberikan energi untuk beraktivitas.

Lebih Produktif
Bangun pagi membuat seseorang lebih produktif. Hal ini karena orang yang bangun lebih pagi memiliki waktu untuk menyiapkan pekerjaan, sementara orang lain masih tertidur. Mereka memiliki waktu yang hening dan baik digunakan untuk berkonsentrasi.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh profesor biologi di University of Education di heidelberg, menemukan, bahwa orang yang bangun lebih pagi memiliki energi yang lebih banyak.

Membuat Mental Lebih Sehat dan Positif
Orang yang bangun lebih pagi memiliki suasana yang lebih baik dan mental yang lebih optimis. Mereka juga lebih mudah merasa puas. Sementara itu orang yang terbiasa bangun di malam hari dan tidur di pagi hari, meski dikaitkan dengan kecerdasan dan kreativitas, cenderung memiliki suasana yang negatif seperti perasaan depresi dan pesimis.

Tentu saja, tidak semua orang bisa bangun pagi hari. Bisa jadi pekerjaan memaksa orang bangun hingga malam hari dan tidur di pagi hari. Namun, jika ingin mendapatkan manfaat bangun pagi, Anda sebaiknya mulai membiasakan diri untuk bangun lebih pagi, atau setidaknya menyempatkan diri bangun di pagi hari. (hellosehat.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.