Inilah 5 Manfaat Air Putih Bagi Kesehatan Anak

Avatar of PortalMadura.Com
Inilah 5 Manfaat Air Putih Bagi Kesehatan Anak
Inilah 5 Manfaat Air Putih Bagi Kesehatan Anak

PortalMadura.Com – Mengonsumsi ternyata berperan penting dalam proses tumbuh kembang . Namun tidak semua orangtua menyadari manfaat air putih yang sesungguhnya bagi perkembangan buah hatinya.

Karena sebagian orang beranggapan, bahwa cairan tubuh bisa diperoleh dengan mengkonsumsi buah-buah yang banyak mengandung air, ataupun minuman-minuman yang mengandung gula seperti teh manis, dan susu formula.

Anggapan tersebut tentu saja tidak salah. Namun kita ketahui dampak buruk dari pemberian susu formula dan minuman yang mengandung gula secara berlebihan akan berakibat pada obesitas dan memicu munculnya diabetes dini pada anak-anak.

5 Manfaat Air Putih Bagi

Nah, agar cairan tubuh buah hati Anda bisa terpenuhi mulai sekarang konsumsilah air putih, karena air putih ini akan berdampak pada hal-hal berikut.

Mencegah Dehidrasi

Anak-anak tidak lepas dari aktifitas bermain yang membutuhkan banyak energi dan melepaskan banyak cairan tubuh sehingga membutuhkan asupan cairan pengganti lewat minuman dan makanan agar fungsi organ tubuh tetap bekerja dengan baik.

Cairan yang cukup dalam tubuh juga menghindarkan Anak dari dehidrasi yang membuat tubuh lemas dan rentan terserang penyakit.

Mengurangi Sembelit pada Anak

Pemberian air minum yang cukup terutama di pagi hari akan membantu melancarkan proses pencernaan dan membuat masa feses menjadi tidak keras.

Mencegah Kerusakan Gigi

Air putih sebagai minuman yang menyegarkan, juga bebas dari dari gula dan soda yang bisa menempel pada gigi anak.

Menurut American Dental Association, fluoridasi oleh air membantu mengurangi kerusakan gigi sebesar 20 hingga 40 persen.

Mencegah Kegemukan

Memilih mengonsumsi Air putih dibandingkan jus buah, susu dan minuman lainnya menghindarkan anak dari asupan gula berlebihan yang dapat berujung pada kegemukan.

Mencerdaskan Anak

Minum yang cukup akan berdampak pada daya konsentrasi dan meningkatkan kinerja otak. Hal ini disebabkan air merupakan komponen penting pembentuk darah yang menyampaikan oksigen dan nutrisi penting lainnya pada otak.

Perlu Anda ketahui, kebutuhan cairan pada anak usia 4-8 tahun adalah 1,6 liter atau 6-7 gelas setiap harinya. Sementara kebutuhan anak usia 9 tahun ke atas akan cairan setara dengan orang dewasa yaitu 2 liter atau 8 gelas setiap harinya.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.