Inilah 5 Perkara Agama yang Sangat Penting Diajarkan pada Anak

Avatar of PortalMadura.com
Inilah 5 Perkara Agama yang Sangat Penting Diajarkan pada Anak
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Anak merupakan titipan Allah SWT yang harus dijaga dengan baik. Titipan ini tidak semua orang dapat mengembannya. Orang tua yang diberikan amanah ini tentunya memiliki tanggung jawab untuk membentuk perilaku yang baik dalam diri anak.

Karena, kesalihan anak bukan hadiah gratis yang turun dari langit begitu saja. Namun, dibutuhkan usaha dan perjuangan dari orang tua. Memang, tugas dan tanggung jawab ini tidaklah ringan. Ujian dan rintangan mungkin muncul silih berganti.

Akan tetapi, segala tipu daya tersebut tentu harus dilawan. Jauhilah sifat keluh kesah sebisa mungkin. Sebab, keluh kesah hanya akan membawa kerugian. Oleh karena itu, hendaknya Anda bersungguh-sungguh dan bekerja keras dalam mendidik anak-anak Anda. Diantaranya ialah dengan mengajarkan kepada mereka perkara-perkara penting yang telah ditetapkan oleh Allah dan Rasulullah.

Berikut ini beberapa yang paling penting untuk diajarkan kepada anak:

Cinta Kepada Allah dan Rasul-Nya
Hendaknya orang tua mengajarkan anaknya untuk cinta kepada Rabb-nya, yang telah menciptakannya, dan mencintai Nabi yang diutus kepadanya. Allah SWT berfirman yang artinya,

Dan diantara manusia ada orang-orang yang menyembah tandingan-tandingan selain Allah; mereka mencintainya sebagaimana mereka mencintai Allah. Adapun orang-orang yang beriman amat sangat cintanya kepada Allah” (QS. al-Baqarah: 165).

Rasulullah bersabda, “Ada tiga perkara, barangsiapa yang ada padanya perkara-perkara tersebut, niscaya dia akan mendapatkan manisnya iman : (1) Allah dan rasul-Nya lebih dia cintai dari selain keduanya, (2) tidaklah dia mencintai seseorang, kecuali karena Allah, … ” (HR. Bukhari dan Muslim).

Konsekuensi mencintai Allah dan rasul-Nya, ialah mentaati keduanya, dan mengikuti apa yang dibawa oleh rasul-Nya. Allah Ta'ala berfirman yang artinya,

Katakanlah: “Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu.” Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang” (QS. Ali Imron: 31).

Mengajarkan Sunah, dan Mendidiknya di atas Sunah
Wajib bagi orang tua untuk mengajarkan sunah Rasulullah kepada anaknya. Allah Ta'ala telah memerintahkan untuk mengikuti sunah tersebut, dalam firman-Nya yang artinya,

Apa yang diberikan Rasul kepadamu, maka terimalah. Dan apa yang dilarangnya bagimu, maka tinggalkanlah. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah amat keras hukumannya” (QS. al-Hasyr: 7).

Di samping itu, hendaknya orang tua juga menanamkan kebencian kepada bid'ah, karena bid'ah merupakan lawan dari sunah dan itu merupakan sejelek-jelek perkara.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.