Inilah 5 Tips Jitu Mendidik Anak Agar Cerdas

Avatar of PortalMadura.Com
Inilah 5 Tips Jitu Mendidik Anak Agar Cerdas
ilustrasi

PortalMadura.Com – Setiap orangtua pasti sangat menginginkan anak-anaknya cerdas, bersikap baik dan patuh. Namun, untuk mewujudkan semua itu bukan perkara yang mudah dibayangkan, butuh kesabaran dan ketelatenan dalam mendidik dan melatih si kecil.

Oleh karena itu, dalam mendidik anak agar menjadi orang cerdas sangat penting dilakukan sejak usia dini. Tentu banyak orangtua bertanya-tanya tentang bagaimana caranya. Berikut ini tips yang bisa bunda dan ayah gunakan dalam mendidik anak:

Ajarkan Kemandirian dan Tanggung Jawab Sejak Usia Dini
Pada umumnya, setiap orangtua memiliki perasaan khawatir yang berlebihan pada anaknya. Maka dari itu, agar si kecil bisa menjadi anak yang cerdas, jangan lagi bunda berlebihan untuk mengkhawatirkan buah hati Anda.

Anda harus belajar untuk percaya kepada si kecil dengan apa yang mereka lakukan. Namun, bunda juga harus tetap bisa memantau setiap hal yang di lakukannya dari jauh, tanpa adanya kekangan dan melindungi kesalahan yang anak lakukan.

Ajarkan dan Tumbuhkan Rasa Ingin Tahu Anak
Ketika anak Anda masih di usia anak-anak, mereka cenderung memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Misalnya, ketika si kecil melihat sejumlah benda ataupun suatu hal yang belum pernah ia lihat, maka biasanya mereka akan bertanya.

Untuk itu, sebagai orangtua yang baik, sebaiknya bunda mencoba untuk menjawab dan menjelaskan mengenai hal yang di tanyakan oleh si kecil. Namun, jika Anda tidak mengetahui hal tersebut, jangan sampai bunda mengatakan tidak tahu atau malah berbohong kepadanya.

Ajarkan dan Tumbuhkan Kemampuan Berpendapat Anak
Banyak diantara orangtua yang acuh terhadap pendapat yang dikeluarkan oleh anak. Bahkan, mereka terlalu beranggapan kalau pendapat yang diberikan anak tidaklah penting.

Padahal, ketika bunda mengacuhkan pendapat si kecil, biasanya hal ini akan membuat si kecil menjadi anak yang minder dan tidak mau lagi mengeluarkan pendapat.

Sebaiknya, Anda belajar untuk menerima dan menghargai pendapat yang diberikan oleh si kecil. Jika pendapatnya salah, maka bunda bisa mengkoreksinya dengan cara yang baik.

Ajarkan dan Tumbuhkan Rasa Sosial, Bersimpati, serta Empati
Sebagai manusia, perasaan sosial, simpati, empati juga sikap yang baik sangatlah penting untuk dimiliki. Agar si kecil bisa tumbuh menjadi anak yang bisa menghargai orang lain, maka sebaiknya bunda bisa mengajarkan mereka untuk menghargai orang lain sejak dini.

Ajarkan kepada si kecil untuk memberi kepada mereka yang membutuhkan, dan ajari mereka untuk tidak memiliki sifat sombong.

Beri Tauladan yang Baik, dan Jadilah Contoh
Anda sebagai orangtua, maka sikap juga perilaku Anda pastinya menjadi contoh untuk anak-anak. Jika bunda menginginkan si kecil bisa bersikap sopan, memiliki tutur kata yang baik, maka setidaknya Anda juga harus senantiasa bersikap seperti itu, agar buah hati Anda bisa mencontoh apa yang bunda lakukan. (tribunnews.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.