Inilah 7 Ciri Mukmin Sukses Yang Wajib Anda Ketahui

Avatar of PortalMadura.Com
Inilah 7 Ciri Mukmin Sukses Yang Wajib Anda Ketahui
ilustrasi (trendkita.com)

PortalMadura.Com – Kesuksesan dalam hidup, baik di dunia maupun di akhirat merupakan impian setiap umat muslim. Oleh karena itu, kita sebagai orang yang beriman harus dapat meraih kesuksesan tersebut.

Sebagaimana doa yang selalu kita panjatkan: “Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka,” (QS al-Baqarah: 201).

Bahkan, Allah SWT memberikan kepastian dan jaminan kesuksesan hidup di dunia dan akhirat kepada orang-orang yang beriman (mukmin). Sebagaimana firman-Nya: “Sesungguhnya menanglah orang-orang yang beriman,” (QS Al-Muminun : 1).

Berikut tujuh ciri orang mukmin yang akan meraih kesuksesan hidup di dunia maupun di akhirat:

Khusyuk dalam Salat
Khusyuk dalam salat  akan memberikan pengaruh dalam mencegah setiap perbuatan yang buruk. Sebagaimana firman Allah SWT: “Sesungguhnya salat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar,” (QS al-Ankabut : 45).

Menjaga Perbuatan dan Perkataan
Hal ini, karena orang mukmin menyadari bahwa Allah sangat murka kepada orang yang mengatakan sesuatu tetapi ia sendiri tidak melakukannya. Allah SWT juga melarang seseorang menyuruh orang lain mengerjakan kebajikan tetapi ia sendiri meninggalkannya.

“Wahai orang-orang yang beriman, kenapa kamu mengatakan sesuatu yang tidak kamu kerjakan?. Sangat besar kebencian di sisi Allah bahwa kamu mengatakan apa-apa yang tidak kamu kerjakan,” (QS ash-Shaf : 2-3).

“Mengapa kalian suruh orang lain (mengerjakan) kebajikan, sedangkan kalian melupakan diri kalian sendiri, padahal kalian membaca Al-Kitab (Taurat)?. Maka tidakkah kalian berpikir?,” (QS al-Baqarah : 44).

Menunaikan Zakat
Zakat membersihkan jiwa dari sifat kikir. Kikir sebagai tabiat manusia, yang dengannya ia diuji. Kikir adalah salah satu sifat yang dapat merusak kehidupan umat manusia.

Allah SWT berfirman: “Sesungguhnya manusia diciptakan bersifat keluh kesah lagi kikir,” (QS al-Ma’arij : 19).

“Tiga hal yang akan merusak manusia: kikir yang dituruti, hawa nafsu yang diikuti, dan manusia memandang hebat akan dirinya,” (HR Thabrani).

Memelihara Amanah
Rasulullah mengingatkan, kepada setiap muslim agar selalu menjaga amanah yang diberikan kepadanya. Sebagaimana sabda Rasulullah: “Tunaikanlah amanat terhadap orang yang mengamanatimu dan janganlah berkhianat terhadap orang yang mengkhianatimu,” (HR Ahmad dan Abu Dawud).

Menjaga Kemaluan
Rasulullah menegaskan: “Barang siapa yang bisa menjamin untukku apa yang ada di antara dua rahangnya (lisan), dan yang ada di antara kedua pahanya (kemaluan), maka aku akan menjaminnya masuk surga,” (Muttafaqun’alaih).

Menunaikan Janji
Allah SWT berfirman: “Dan tepatilah perjanjian dengan Allah apabila kamu berjanji dan janganlah kamu membatalkan sumpah-sumpah itu sesudah meneguhkannya…” (QS an-Nahl : 91).

Menjaga Salat
Rasulullah bersabda: “Barang siapa yang terlepas satu salatnya, seolah-olah ia telah kehilangan seluruh keluarga dan hartanya,” (HR Ibnu Hibban). (republika.co.id/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.