Inilah 7 Khasiat Menakjubkan Puasa Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Avatar of PortalMadura.com
Inilah 7 Khasiat Menakjubkan Puasa Bagi Kesehatan dan Kecantikan
ilustrasi

PortalMadura.Com – Sebagian orang memiliki semangat berpuasa di bulan Ramadan, namun tidak sedikit juga yang ragu akibat teriknya matahari karena bisa membuat dehidrasi, lesu dan mengantuk. Padahal, dengan berpuasa umat muslim akan banyak menuai manfaat baik dari segi maupun .

Sebagaimana yang diungkapkan oleh nutrisionis, Dr Axe, bahwa ada beberapa manfaat bagi kesehatan dan kecantikan.

Anda penasaran? Yuk, disimak berikut ini penjelasannya:

Waktu yang Baik untuk Menurunkan Berat Badan
Meski ini bukan tujuan puasa, namun ada penelitian yang mendukung bahwa puasa di bulan Ramadan adalah waktu yang tepat menurunkan berat badan.

Dalam sebuah penelitian, pasien non-obesitas kehilangan total lemak rata-rata 4% saat mereka berpuasa selama 22 hari. Juga harus dicatat bahwa tingkat insulin selama puasa juga menurun.

Selain itu, dalam penelitian lain yang dilakukan pada orang gemuk, puasa yang berarti hanya mengonsumsi 25% kebutuhan kalori harian menghasilkan penurunan berat badan rata-rata 5,5 pon dalam periode delapan minggu. Tiga persen lemak tubuh juga hilang, seiring dengan penurunan kadar kolesterol total dan LDL (kolesterol buruk).

Meningkatkan Human Growth Hormone (HGH)
Hormon ini memiliki peranan penting untuk membakar lemak. Puasa juga bisa meningkatkan pembentukan otot, sekaligus menurunkan kadar insulin.

Bila Anda menggabungkan semua ini, puasa sebenarnya bisa mengubah tubuh manusia menjadi mesin pembakaran lemak yang efektif.

Bagus untuk Atlet
Puasa memiliki efek yang baik untuk menjaga massa tubuh serta penanda kesehatan lainnya pada atlet profesional. Hal ini karena puasa secara efektif mampu meluruhkan kelebihan lemak, sekaligus mengoptimalkan pertumbuhan otot, karena produksi HGH.

Dalam hal ini, atlet disarankan untuk mengonsumsi protein berkualitas tinggi setengah jam setelah latihan untuk membangun otot dan mengurangi lemak.

Normalisasi Sensitivitas Insulin
Bila tubuh terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat dan gula, hal ini akan memicu lonjakan gula darah. Nah, puasa adalah cara yang efektif untuk menormalisasi sensitivitas insulin. Dengan begitu, Anda telah mencegah penyakit seperti diabetes, kanker dan komplikasi jantung.

Menormalkan Kadar Ghrelin
Apa itu ghrelin? Hormon ini bertanggung jawab untuk memberitahu tubuh bahwa Anda lapar. Bila Anda berpuasa, tingkat ghrelin di tubuh akan normal. Sebab, tubuh akan memberi sinyal kapan Anda harus berhenti makan.

Menurunkan Kadar Trigliserida
Bila Anda mengonsumsi terlalu banyak kolesterol, maka kadar trigliserida Anda bisa meningkat. Hal ini akan membuat Anda lebih rentan terhadap penyakit jantung.

Puasa telah diketahui dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, yang berarti juga menurunkan pembentukan trigliserida.

Memperlambat Proses Penuaan
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, puasa dapat merangsang tubuh menghasilkan lebih banyak HGH. Hormon ini sebenarnya berhubungan erat dengan proses penuaan.

Bila tubuh memproduksi lebih sedikit HGH, maka Anda cenderung akan menua lebih cepat. Jadi pada dasarnya, puasa dapat membuat Anda awet muda. (liputan6.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.