Inilah 8 Kegunaan Lidah Buaya untuk Kesehatan

Avatar of PortalMadura.Com
Inilah 8 Kegunaan Lidah Buaya untuk Kesehatan
ilustrasi

PortalMadura.Com atau yang dikenal dengan nama latin aloe vera ini memiliki banyak manfaat bagi manusia. Selain bisa digunakan untuk kecantikan, ternyata tanaman yang satu ini juga dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

Tanaman yang sering dijumpai di daerah tropis dan memiliki bentuk daun tebal ini juga dikenal sebagai ramuan ajaib, karena mampu mengobati tubuh. Misalnya pada luka bakar, luka biasa, bahkan kanker.

Selain itu, lidah buaya menjadi tanaman obat yang telah digunakan dalam ribuan tahun, dan diketahui mengandung senyawa tanaman yang sehat. Gel lidah buaya dikatakan mengandung senyawa bio-aktif seperti vitamin, mineral, antioksidan, serta asam amino.

Bahkan, manfaat lidah buaya bagi kesehatan bukan hanya itu saja. Antibakteri di dalamnya sangat kuat, mengandung polifenol yang mencegah pertumbuhan bakteri.

Kegunaan Lidah Buaya untuk Kesehatan

Berikut delapan manfaat lain lidah buaya bagi kesehatan Anda:

Detoksifikasi

Lidah buaya adalah salah satu pembersih paling efektif dengan kandungan yang penuh akan vitamin, mineral, dan asam amino. Tidak hanya itu, lidah buaya juga mampu memperkuat sistem pencernaan dan membuat tubuh membuang limbah dan racun alami.

Manfaat lidah buaya pun tidak berhenti di situ saja. Untuk urusan detoksifikasi, lidah buaya juga dapat digunakan untuk mengobati peradangan.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan

Lidah buaya diperkaya dengan polisakarida yang ternyata mampu membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, tanaman ini juga memungkinkan untuk memperlambat kaskade inflamasi yang membantu menyusun ulang sistem kekebalan tubuh, karena sifat antibakteri yang dimiliki.

Menurunkan Kolesterol

Beberapa studi sudah membuktikan bahwa lidah buaya ternyata memiliki efek positif dalam mengatur kadar gula darah dan kolesterol. Pada gilirannya nanti, tanaman ini dapat membantu dalam menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Akan tetapi, hanya ada beberapa bukti yang menunjukkan hal ini, disebabkan oleh kualitas penelitian tersebut yang masih minim.

Namun, setidaknya sudah ada sebuah khasiat yang menakjubkan dari lidah buaya, kendati masih harus diteliti lebih lanjut lagi.

Mengobati Masalah Pencernaan

Siapapun orang yang mengalami masalah pencernaan, seperti Irritable Bowel Syndrome (IBS), sebaiknya memanfaatkan lidah buaya sebagai obatnya. Tanaman ini ternyata memiliki efek dalam membantu menurunkan gejala yang menyakitkan dari masalah pencernaan.

Sensasi dingin dan sifat menenangkan akan membantu meringankan rasa sakit akibat gangguan pencernaan.

Vitamin Terbaik dan Repository Mineral

Lidah buaya pada dasarnya adalah gudangnya vitamin A, C, E, B1, B2, B3, B6, B12, dan asam folat. Tidak hanya itu, tanaman ini juga memiliki kandungan kalsium, magnesium, selenium, zinc, kalium, dan juga zat besi.

Baca Juga: Lidah Buaya Hilangkan Bekas Jerawat di Wajah

Sembuhkan Luka Bakar

Kegunaan Lidah Buaya untuk Kesehatan

Lidah buaya memiliki kemampuan untuk menenangkan kulit meradang. Selain itu, juga meningkatkan kolagen dan kandungan asam hyaluronic yang membantu meremajakan kulit serta membantu dalam pembentukan sel kulit baru ketika terkena cedera atau luka bakar.

Mengurangi Sembelit

Ada zat disebut lateks yang ditemukan di bawah kulit daun lidah buaya. Zat tersebut ternyata setelah diteliti memiliki kemampuan untuk mengurangi sembelit. Lateks berisi aloun dan barboloin yang memiliki efek pencahar menakjubkan.

Baca Juga: Manfaat Bunga Lidah Buaya yang jarang di ketahui

Menyembuhkan Sariawan

Lidah buaya akan membantu dalam menyembuhkan sariawan. Menerapkan patch lidah buaya pada daerah yang terkena sariawan dipercaya dapat membantu mengurangi luka. Hal ini adalah hasil dari sebuah penelitian.

Ternyata, lidah buaya ini memang memiliki polifenol di dalamnya, yang mampu membantu dalam menenangkan peradangan akibat sariawan.

Semoga informasi 8 Kegunaan Lidah Buaya untuk Kesehatan bermanfaat untuk anda terutama mendapatkan manfaat lidah buaya untuk kesehatan.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.