oleh

Manfaat Bunga Lidah Buaya yang jarang di ketahui

PortalMadura.com-Banyak lidah buaya tumbuh dengan baik di taman berbatu atau lahan kering di suhu yang beriklim hangat dan sebagian diantaranya bahkan berbunga setidaknya satu kali dalam setahun.

Tanaman Lidah buaya merupakan tanaman yang berasal dari iklim yang kering dan mengembangkan bentuk daun yang tebal untuk menyimpan air, juga beradaptasi dengan cahaya terang dan sedikit tanah.

Selamat Ibadah Puasa

Iklim dimana mereka tumbuh akan tergantung kepada jenisnya, tetapi kebanyakan lidah buaya akan tumbuh dengan baik pada iklim panas atau dingin.

Lidah buaya bukan hanya bahan pembuat sampo, tanaman hias, atau manisan — seperti umumnya anggapan orang Indonesia. Aloe vera sejatinya dikenal sejak ribuan tahun lalu dan dianggap sebagai tanaman berkhasiat.

Bangsa Mesir Kuno menganggapnya sebagai ‘tanaman keabadian’. Pun dengan sejumlah budaya dunia pada masa lalu. Hingga kini, khasiatnya juga diakui.

Selama beberapa milenium, lidah buaya digunakan untuk merawat 50 kondisi medis — dari obesitas, luka bakar, dermatitis, bisul, asma, diabetes, jerawat, dan bahkan kusta.

Sebanyak 95 persen kandungan aloe vera adalah air, lima persen lainnya terdiri atas zat-zat berkhasiat.

Bunga Lidah Buaya pada umumnya tumbuh tinggi dalam bentuk batang, yang terkadang memiliki cabang dan berwarna mulai dari putih hingga kuning yang merupakan warna umum bunganya atau oranye dan merah yang dihasilkan oleh Aloe x spinosissima pada bulan Maret hingga April.

Banyak orang yang mempunyai tanaman lidah buaya berbunga pasti akan terkejut.

Soalnya, tidak semua tanaman lidah buaya itu berbunga. Hanya lidah buaya yang sudah berumur dan menghasilkan banyak tunas.

Lidah buaya adalah tanaman asli dari Afrika dan Mediterania dan diserbuki oleh burung terutama burung kolibri, maka bunganya tumbuh dalam bentuk batang sebagai cara untuk para burung meminum nektarnya.

Waktu berbunga lidah buaya tergantung pada setiap jenisnya, tetapi bunganya kerap kali tumbuh secara acak di sepanjang tahun.

Manfaat Bunga Lidah Buaya

Karena lidah buaya adalah tanaman asli dari Afrika dan Mediterania dan diserbuki oleh burung terutama burung kolibri, maka bunganya tumbuh dalam bentuk batang sebagai cara untuk para burung meminum nektarnya.

manfaat bunga lidah buaya
Gambar oleh Liselle VD dari Pixabay

Waktu berbunga lidah buaya tergantung pada setiap jenisnya, tetapi bunganya kerap kali tumbuh secara acak di sepanjang tahun. Berikut manfaatnya:

  • Memiliki harga tinggi sehingga tanaman lidah buaya berbunga bisa diperjual belikan sebagai peluang bisnis yang baik, bahkan harga bunga lidah buaya ada yang mematok dengan harga yang cukup tinggi.
  • Mengandung banyak vitamin dan mineral yang berguna untuk kesehatan sebagaimana daun lidah buayanya.
  • Dapat mencegah dan menyembuhkan berbagai penyakit kronis seperti tumor, kanker, diabetes dan juga wasir.
  • Dapat menjadi bahan pengobatan untuk luka memar atau luka dalam, baik untuk diminum atau untuk pemakaian luar dengan resep tertentu.
  • Dapat mengatasi penyakit seperti sifilis dengan rebusan manfaat bunga lidah buaya.
  • Konon tanaman lidah buaya yang berbunga memiliki khasiat berkali lipat dari tanaman lidah buaya biasa termasuk dalam kesehatan dan kecantikan.
  • Bunga lidah buaya bisa digunakan sebagai penyubur rambut sebagai bahan dalam manfaat creambath.
  • Bunga lidah buaya juga bisa meningkatkan sistem imun dalam tubuh.
  • Meningkatkan penyerapan protein baik dan keteraturan fungsi pada usus.
  • Mengeluarkan racun dari tubuh dan melawan peradangan.

Itulah beragam Manfaat bunga lidah buaya akan Anda dapatkan karena daun lidah buaya kaya akan kandungan enzim, asam amino, mineral, vitamin, polisakarida dan lainnya.

Khasiat bunga lidah buaya dapat digunakan sebagai anti inflamasi, anti jamur, anti bakteri dan dapat membantu proses regenerasi sel tubuh, menurunkan kadar gula darah penderita diabetes, mengontrol tekanan darah,.

Selain itu khasiat bunga lidah buaya juga memiliki manfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh terhadap serangan kanker, digunakan sebagai nutrisi pendukung bagi para penderita kanker, HIV dan AIDS.

Itulah manfaat bunga lidah buaya yang perlu anda ketahui, dan perlu diketahui saat ini bunga lidah buaya termasuk salah stu tanaman yang dianggap langka. Karena seprti yang telah kami uraikan diatas, tidak semua tanaman unik ini berbunga. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Rewriter: Muhammad Zakariya
Editor: Firman Ghazali Akhmadi

Komentar