Inilah Alasan Bayi Baru Lahir Wajib Diazankan dalam Islam

Avatar of PortalMadura.Com
Inilah Alasan Bayi Baru Lahir Wajib Diazankan dalam Islam
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Setiap umat muslim pasti tahu kewajiban yang harus dilakukan ketika anaknya baru lahir. Ya, bayi yang baru lahir wajib untuk diazankan dalam islam. Meski demikian, Tahukah Anda mengapa hal tersebut wajib dilakukan ? Berikut penjelasannya

Berdasarkan hadis dan ayat-ayat Alquran, diterangkan bahwa setiap bayi yang lahir selalu mendapat tusukan dari setan. Bahkan tangisan bayi adalah jeritan pertanda dia sedang menahan sakit.

Dari Abu Hurairah RA meriwayatkan, Rasulullah SAW bersabda,

“Tidak ada seorang bayi pun dari anak Adam yang terlahir kecuali ia pasti mendapat tusukan dari setan sehingga bayi itu menangis dan menjerit karenanya, kecuali Maryam dan putranya (Nabi Isa as).” (HR. Bukhari dan Muslim).

Dalam hadis lain, Rasulullah SAW bersabda: “Jeritan bayi ketika lahir adalah karena mendapat tusukan setan.” (HR. Muslim).

Datangnya setan pada saat itu adalah untuk menancapkan tusukan ujung jarinya pada kedua mata anak Adam.

Tujuannya adalah setan mencari pengikut. Mereka ingin mengganggu kelahiran bayi agar tidak bisa melihat yang benar atau salah.

Karena itu, bayi yang lahir harus diadzankan. Rasululah SAW memberi tuntunan kepada umatnya agar terhindar dari gangguan setan pada saat bayi dilahirkan.

Dari Ibnu Abbas ra menuturkan bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Ajarkanlah kalimat ‘Laa ilaaha Illallahu' kepada anak-anakmu sebagai kalimat pertama yang mereka dengar.” (HR. Al-hakim).

Dalam hadis lain juga dijelasakan bahwa, “Barang siapa yang mendapati seorang bayi yang dilahirkan, kemudian diadzankan di telinga kanannya dan diiqamatkan di telinga kirinya, maka ia tidak akan diganggu oleh Ummu Shibyan (setan yang selalu mengganggu anak kecil).” (HR. Ibn Sunny dari Hasan ibn Aki ra).

Menurut Rasululah SAW, setan akan ketakutan dan berlari sejauh-jauhnya apabila mendengar suara azan. Sementara, untuk perkara ini sudah dijelaskan dalan Alquran di surat Ali Imran.

“Maka ketika melahirkannya, dia berkata, ‘Ya Tuhanku, aku telah melahirkan anak perempuan.' Padahal Allah lebih tahu apa yang dia lahirkan, dan laki-laki tidak sama dengan perempuan. ‘Dan aku memberinya nama Maryam, dan aku mohon perlindungan-Mu untuknya dan anak cucunya dari (gangguan) setan yang terkutuk'.” (QS: Ali Imran :36).

Demikian mengenai alasan wajibnya seorang anak yang baru lahir untuk diazankan oleh orang tua mereka. Semoga informasi di atas bermanfaat. (okezone.com/Nanik)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.