Inilah Alasan Wanita Haid Dilarang Puasa

Avatar of PortalMadura.Com
Muslimah, Inilah Kriteria Cantik Menurut Pandangan Islam
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Puasa di bulan Ramadan merupakan suatu hal yang istimewa karena hanya datang satu tahun sekali. Tentu, setiap muslim tidak mau melewati kesempatan pada bulan yang penuh berkah tersebut. Di bulan ramadan ini selain menjalankan keawajiban juga ada banyak hal yang dapat kita pelajari dan diamalkan meski lewat masa puasa bulan Ramadan. Salah satunya kita dapat menjadikan ini sebagai ajang pelatihan diri dari hawa nafsu.

Puasa di bulan Ramadan merupakan suatu hal yang wajib hukumnya bagi setiap muslim. Namun tak semua dapat melakukannya, Salah satunya perempuan yang sedang haid. Allah SWT melarang perempuan haid untuk berpuasa. Mengapa demikian ? Berikut penjelasannya.

Al hafidz Ibnu Hajar rahimahullah mengatakan, “Larangan salat bagi perempuan haid adalah perkara yang telah jelas karena kesucian dipersyaratkan dalam salat dan perempuan haid tidak dalam keadaan suci. Adapun puasa tidak dipersyaratkan di dalamnya kesucian maka larangan puasa bagi perempuan haid itu sifatnya adalah ta'abudi (hal yang bersifat ibadah semata-pen) sehingga butuh suatu nash pelarangan berbeda dengan salat,” (Fathul Bari Syarh hadits no 304).

Jadi, larangan berpuasa bagi perempuan haid ini sifatnya ta'abudi (ibadah semata), Wallahualam akan hikmah di balik larangan tersebut.

Sebagian ulama mengatakan bahwa larangan ini merupakan bentuk rahmah Allah kepada kaum perempuan. Karena perempuan dalam keadaan lemah ketika haid dan melakukan puasa ketika itu tentu akan menambah kelemahan dan akhirnya akan membahayakan jiwanya. Wallahualam.

Muslimah, sebaiknya jangan pernah sesali apa yang sudah menjadi kodrat kita. Perempuan mengalami haid setiap bulannya, tentu juga demi kebaikannya, terutama bagi masalah kesehatannya. Dan jika kita tak bisa berpuasa di bulan Ramadan karenanya, maka Allah SWT memberi kesempatan kepada kita untuk menggantinya di bulan yang lain.

Demikianlah penjelasan mengenai dilarangnya untuk berpuasa. Semoga informasi di atas bermanfaat bagi kita semua. (islampos.com/Nanik)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.