Inilah Fungsi Garis-garis di Kaca Belakang Mobil yang Perlu Anda Ketahui

Fungsi Garis garis di Kaca Belakang Mobil yang Perlu Anda Ketahui
ilustrasi
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Anda pernah melihat garis-garis di kaca belakang mobil?. Sebenarnya garis-garis tersebut bukan hanya sekadar pajangan, garis itu berfungsi sebagai defogger atau penghapus embun di kaca belakang mobil.

Perlu pemilik mobil ketahui, bahwa defogger sangat berguna saat melaju di tengah hujan. Tanpa defogger, mobil yang melaju saat hujan kerap menimbulkan embun di kacanya. Hal itu, tentu bakal mengganggu visibilitas yang menjadi faktor terpenting dalam menjamin keselamatan pengendara.

Selain itu, kaca bisa berembun karena perbedaan suhu antara kabin dan lingkungan luar. Ketika udara luar lebih dingin daripada di dalam, maka embun dapat mudah muncul.

Maka dari itu, dengan adanya defogger dapat meminimalisir embun. Bahkan mencegah untuk mengganggu penglihatan pengemudi khususnya dari arah belakang.

Baca Juga:  Lakukan 10 Hal Ini Saat Mobil Tak Bisa Dinyalakan

Fungsi defogger umumnya memiliki tombol di dekat tombol kontrol AC. Tombol tersebut umumnya disimbolkan dengan gambar persegi panjang yang dilintasi oleh tiga panah meliuk. Hanya dengan menekan tombol tersebut, maka defogger sudah aktif.

Posisi defogger ada di bagian depan dan belakang. Di depan, defogger biasanya bekerja dari kipas AC. Udara akan dihembuskan dari ventilasi di dasbor.

Sedangkan di bagian belakang, garis-garis yang melintang di kaca akan menghantarkan elemen panas, meski tidak terasa panas jika dipegang. Sistem akan memanaskan elemen garis-garis itu untuk mengusir embun. (detik.com/Salimah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.