Jangan Asal, Ini 4 Cara Bersihkan Ban Motor yang Benar

Avatar of PortalMadura.com
Jangan Asal, Ini 4 Cara Bersihkan Ban Motor yang Benar
Ilustrasi (Deltalube)

PortalMadura.Com – Saat mempunyai waktu senggang, pemilik motor biasanya mencucinya agar kendaraan terlihat kinclong dan bersih. Bahan yang umumnya digunakan yaitu sabun. Tapi yang perlu Anda perhatikan adalah, jangan sembarangan membersihkan ban motor.

Apalagi memberikan sabun langsung kepada permukaan ban. Efeknya akan membuat ban kaku dan keras. Hal itu tentu bisa mengurangi daya cengkeram ban saat digunakan di jalan, sehingga kemungkinan terjadi selip atau tergelincir.

Selain itu, ban yang keras akan mudah tergerus aspal. Usia dari ban juga otomatis semakin pendek, bila biasanya bisa dipakai selama 1,5 tahun mungkin akan berumur kurang dari setahun.

Lantas, bagaimana cara membersihkan ban yang benar?. Berikut daftarnya:

Gunakan Air
Tentunya untuk membersihkan kotoran dari ban motor membutuhkan air. Hanya dengan air bersih, ban motor sudah bisa terjaga dari kotoran. Akan lebih baik jika pemilik kendaraan memiliki selang yang bisa mengatur tekanan dan daya semprot, sehingga kotoran–kotoran yang berada di sela–sela ulir ban yang sempit bisa terjamah dan bersih kembali.

Setelah mencuci dengan air, pemilik bisa mengeringkan ban secara manual dengan menggunakan lap. Jangan langsung ditaruh di bawah sinar matahari, karena hal ini akan membuat ban motor keras.

Sikat Sampai Bersih
Selain menyiramkan air, menggunakan sikat juga diperbolehkan. Hal ini akan membantu menjangkau kotoran–kotoran dan kerikil kecil di sela–sela ulir ban motor.

Gunakan Minuman Bersoda
Caranya mudah, pemilik hanya cukup menguaskan minuman bersoda ke seluruh permukaan ban hingga nantinya kering dengan sendirinya. Hal ini bisa membuat ban motor kembali hitam seperti sedia kala.

Silicon Murni
Selain menggunakan minuman bersoda, pemilik bisa menggunakan silicon murni. Barang ini bisa didapatkan di toko perlengkapan bahan kimia.

Baca Juga : Ini 5 Hal yang Perlu Diperhatikan Jika Ingin Ganti Ban Motor

Kalau menggunakan silicon, sudah pasti hasilnya akan lebih bagus, karena silicon akan memberikan kelembaban yang pas di ban motor sehingga ban motor akan berfungsi dengan baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.