5 Cara Bedakan Oli Asli dan Palsu

Avatar of PortalMadura.com
5 Cara Bedakan Oli Asli dan Palsu
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Saat ini banyak sekali aksi pemalsuan suku cadang kendaraan bermotor,salah satunya oli. Untuk itu Anda harus jeli memedabakan dan agar tidak tertipu.

Penggunaan oli palsu dapat membuat kendaran anda mengalami keruskan karean kualitas oli palsu sangat jauh idbawah standar oli yang dibutuhkan kendaraan anda.

Bahka banyak bengkel yang tidak mampu membedakan oli asli atau palsu akrean para penipu oli terus memperbaiki kemasan atau tampilan oli palsu.

Oleh karena itu, pemilik kendaraan harus jeli saat memilih oli yang hendak digunakan untuk motor kesayangan. Lalu bagaimana cara membedakan oli asli dengan yang palsu?.

Cara Membedakam Oli Asli dan oli Palsu

Berikut beberapa cara utnuk membedakan oli palsu dengan oli asli berdasarkan beberapa ciri yang umumnya sering dipalsukan oleh pemalsu oli.

Label

Umumnya pemalsu oli  berusaha menekan biaya produksi, dan salah satu bida diketahui dari kualitas label kemasan oli.

Label kemasan dari produk oli palsu akan terlihat berbeda (biasanya lebih jelek) dibandingkan produk asli.

Untuk memastikan, pemilik harus mengetahui bagaimana packaging botol oli. Biasanya, kemasan dari oli palsu akan menggunakan sticker bontax standar untuk melabeli kemasannya.

Hal ini berbeda dengan produk asli yang menggunakan sticker berbahan dasar vinyl yang lebih kuat.

Kemasan Botol

Mendeteksi oli palsu juga bisa dilihat dari kemasan botol. Tidak botol oli bekas akan digunakan kembali. Jika kondisi botol oli kusam dan jelek, bisa jadi itu salah satu dari oli palsu. Botol dari oli yang asli pasti tampak lebih mulus.

Nomor Identifikasi pada Kemasan

Dengan maraknya aksi pemalsuan produk oli kendaraan bermotor yang membuat produsen dan konsumen rugi.

Pihak produsen membenamkan identifikasi produk pada setiap botol oli yang mereka produksi.

Biasanya identifikasi produk ini terdapat di tutup botol dan kemasan dari oli mesin.

Dan konsumen dapat mengecek ke aslian produk oli yang dibelinya dengan nomor ID yang tercetak.

Walaupun begitu ternyata banayak konsumen yang masih tertipu.

Untuk mencegah penipuan kebih lanjut, sejumlah produsen saat ini bahkan menyarankan pengecekan nomr ID yang tertera di botol oli melalui kanal pengecekan yang telah di sediakan, seprti website resmi produsen oli.

Tutup Oli

Setiap produsen dari oli motor sudah punya teknologi seal untuk tutup botol kemasan. Sekali tutup botol dibuka, maka rusaklah seal dari tutup tersebut. Artinya tutup botol ini hanya bisa digunakan satu kali.

Baca Juga : Benarkah Sering Ganti Merek Oli Mesin Berbahaya? Ini Penjelasannya

Hal ini tidak pernah bisa ditiru oleh produsen oli palsu. Dengan begitu ,tentunya akan mempermudah pemilik kendaraan untuk menilai asli atau tidaknya oli motor.

Warna dan Bau

Indikator terakhir dari oli palsu ialah warna dan baunya. Untuk warnanya memang beragam, karena setiap oli memiliki teknologi. Yang jelas oli yang baru akan terlihat bening dan tidak berbau.

Sebaliknya, oli palsu akan terlihat sedikit lebih keruh dan berbau karena oli palsu biasanya dioplos dengan berbagai macam zat.

Itulah informasi terkait cara membedakan oli asli dan oli palsu kendaraan bermotor, seprti maupun .

Semoga dengan informasi diatas anda terhidar dari oli plasu yang akan menyebabkan kerusakan pada kendaraan milik anda.(*)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.