Inilah Manfaat Luar Biasa Berpuasa Bagi Ibu Hamil

Avatar of PortalMadura.Com
Inilah Manfaat Luar Biasa Berpuasa Bagi Ibu Hamil
ilustrasi

PortalMadura.Com – Berbagai hasil penelitian medis sudah mengungkapkan adanya keajaiban kesehatan dari berpuasa. Dalam berbagai penelitian yang dilakukan tidak ada efek negatif (merugikan) dari berpuasa, baik pada paru-paru, ginjal, hati, mata, profil endokrin,fungsi neuropsikiatri dan hematologi.

Nah, berikut dibawah ini manfaat luar biasa berpuasa untuk .

Menjaga kesehatan jantung
Serangan jantung merupakan salah satu penyakit yang paling ditakuti oleh kebanyakan orang didunia, apalagi di Indonesia dengan jumlah perokok aktif yang terus makin meningkat jumlahnya setiap tahun. Penyakit jantung merupakan ancaman yang nyata bagi kesehatan dan hidup anda.

Dan berpuasa mempunyai manfaat yang sangat baik bagi kesehatan jantung, saat seseorang berpuasa, tubuhnya secara alami akan melakukan peningkatan HDL (kolesterol baik) dan penurunan LDL (kolesterol buruk) yang menurut para peneliti hal tersebut adalah baik bagi pembuluh darah dan kesehatan jantung.

Menjaga psikologi
Selain menahan haus dan lapar, berpuasa juga mengharuskan kita menahan marah. Hal tersebut akan membuat keadaan psikologis seseorang menjadi lebih tenang dan terkontrol serta secara ilmiah terbukti dapat menurunkan kadar adrenalin di dalam tubuh. Dengan menurunnya adrenalin akan berdampak baik pada tubuh seperti: kontraksi empedu yang lebih baik dan mencegah pembentukan kolesterol dimana hal ini bisa mengurangi resiko terserang penyakit pembuluh darah, otak dan jantung seperti stroke, jantung koroner dan lainnya.

Menjadikan pikiran lebih kreatif
Berpuasa akan membuat pikiran seseorang menjadi lebih tenang dan juga melambat, dan menurut para peneliti ternyata pikiran yang melambat ini justru membuat pikiran bekerja lebih tajam. Selain itu jika ditinjau dari segi insting, rasa lapar merupakan masalah kelanjutan hidup sehingga wajar jika rasa lapar memaksa kita untuk berpikiran lebih kreatif.

Meningkatkan kemampuan hubungan intim
Sebuah studi kasus yang meneliti mengenai hubungan puasa dengan kadar hormon seksual pia (testoteron), lemotin (LH) dan perangsang kantung (FSH) membuktikan, bahwa berpuasa memang dapat menurunkan hormon testoteron dan menurunkan nafsu seksual. Namun hal ini hanya bersifat sementara, bahkan setelah seseorang berpuasa beberapa hari siklus justru meningkatkan produksi hormon testosteron dan membuat kemampuan seksual meningkat pesat.

Mengurangi Kegemukan dan mencegah obesitas
Secara ilmiah berpuasa juga bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Ketika berpuasa usus-usus dalam tubuh akan menjadi lebih bersih dari sisa-sisa makanan, Endapan makanan inilah yang akan berubah menjadi lemak di bagian perut. Selain itu, dengan berpuasa juga dapat memperbaiki sistem pencernaan secara keseluruhan, sehingga jalannya metabolisme makanan dalam perut dan buang air menjadi lebih sehat dan lancar.

Meningkatkan kekebalan tubuh
Dengan berpuasa kekebalan tubuh/ imunitas seseorang tidak akan melemah, namun justru akan meningkat. Hal tersebut telah dibuktikan dengan sebuah penelitian yang sudah diketahui secara umum, yaitu ketika seseorang berpuasa maka akan terjadi peningkatan jumlah limfosit hingga 10 kali lipat di dalam tubuhnya, hal inilah yang memberikan pengaruh besar terhadap meningkatnya sistem kekebalan tubuh, sehingga dengan berpuasa justru akan menghindarkan seseorang dari berbagai virus yang berbahaya, baik dari luar tubuh  (lingkungan) atau pun dari dalam (makanan yang dikonsumsi).

Selain itu, sangat dianjurkan untuk tetap melakukan olahraga secara rutin, namun yang perlu diperhatikan yaitu dalam  memilih waktu dan jenis olahraga. (mutiarabijaksana.com/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.