oleh

Inilah Manfaat Luar Biasa Main Sepeda Bagi Si Kecil

PortalMadura.Com – Bermain sepeda merupakan salah satu kegemaran anak. Namun tahukah Anda, jika sepeda adalah salah satu media yang dapat memberikan banyak manfaat bagi si kecil. Apa saja itu? Yuk simak penjelasannya dibawah ini!

Mengasah kemampuan motorik kasar

Bersepeda memberikan kesempatan kepada anak untuk mengembangkan keterampilan motorik kasar kaki dan tangan. Kemampuan otot kaki dan tangan anak akan terasah ketika ia mengayuh sekaligus mengendalikan kemudi sepeda. Ia jadi tahu yang namanya bergerak maju, mundur, berbelok ke kiri atau kanan untuk mengasah pemahaman keruangannya. Kekuatan otot-otot kaki dan tangannya membantu  meningkatkan keterampilan di usia selanjutnya, seperti melompat, berlari, memanjat, berjalan di titian, bergelantungan, dan sebagainya.

Membuka ruang eksplorasi dan interaksi

Dengan bersepeda, anak mendapatkan kesempatan untuk bereksplorasi ke wilayah yang lebih luas. Ia jadi mengenal lingkungan yang lebih luas di sekitar rumah beserta unsur-unsurnya yang lebih detail. Hal ini akan mengasah kemampuan beradaptasinya dengan lingkungan baru sebagai modal bersosialisasi dan berinteraksi dengan lingkungan mana pun.

Belajar berani dan percaya diri

Berawal dari mendorong-dorong sepeda, didudukkan di atas sadel, lalu dibantu didorong oleh orangtua, pada tahap selanjutnya anak akan mencoba naik dan duduk ke atas sadel sendiri, mengayuh walaupun telapak kakinya belum menjejak benar di pedal, mencoba mengendalikan sepeda agar melaju, berbelok, atau menghindari menabrak sesuatu dengan berusaha menjaga keseimbangan tubuhnya hingga akhirnya terampil.

Nah, proses tersebut tentunya membutuhkan keberanian dan kepercayaan diri. Setelah berani dan mampu mengayuh sepeda roda tiga atau empat dengan terampil, ia pun akan berani dan percaya diri untuk belajar sepeda roda dua pada usia selanjutnya.

Melatih kemampuan berkonsentrasi

Sama halnya dengan orang dewasa yang sedang mengendarai mobil atau motor, bermain sepeda juga memerlukan konsentrasi agar tidak menabrak ataupun terjatuh. Melalui hal ini, si Kecil akan terlatih untuk mengasah kemampuan berkonsentrasi saat mengerjakan dan ingin mencapai sesuatu.

Belajar arah kiri, kanan, depan, dan belakang

Ya, inilah saat yang paling tepat untuk mengajari si Kecil tentang arah. Ketika si Kecil bersepeda, nantinya ia pasti ingin bertualang ke berbagai tempat yang bisa dikunjungi dengan sepeda. Agar ia bisa mencapai tempat tersebut, tentunya si Kecil harus tahu arah tertentu hingga bisa sampai ke tempat tujuan. Saya jadi ingat waktu mendampinginya pergi ke warung dekat rumah dengan sepeda. Di situlah, saya mengajarinya arah kiri, kanan, depan, belakang, sampai akhirnya ia bisa pergi ke warung sendiri dengan sepeda tanpa perlu saya temani.

Ternyata banyak, ya, Bu, manfaat bersepeda bagi si kecil. Jadi, tunggu apa lagi? Ajak si Kecil bersepeda, yuk! (ibudanbalita.com/choir)

Komentar