Inilah Nutrisi Penting Bagi Ibu Hamil dan Menyusui yang Perlu Anda Ketahui

Avatar of PortalMadura.Com
Inilah Nutrisi Penting Bagi Ibu Hamil dan Menyusui yang Perlu Anda Ketahui
Ilustrasi (merries)

dan membutuhkan banyak nutrisi penting untuk tetap sehat dan bayi yang dikandung pun sehat dan berkembang dengan baik. Ada banyak kandungan nutrisi yang sangat dibutuhkan, misalnya asam folat, vitamin B, karbohidrat, protein, dan lain sebagainya.

Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold merupakan salah satu rekomendasi suplemen makanan khusus bagi ibu hamil dan menyusui. Sebab, didalamnya sudah terkandung sejumlah nutrisi penting bagi ibu hamil dan menyusui.

Nutrisi Bagi Ibu Hamil dan Menyusui

Ada banyak jenis senyawa dan zat nutrisi yang penting untuk dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui. Sebab, dengan kebutuhan nutrisi yang tercukupi, dapat meningkatkan kesehatan ibu dan janin yang sedang dikandungnya. Selain itu, bayi yang sudah lahir juga tetap bisa mendapatkan manfaat dari ASI yang ternutrisi.

Di bawah ini merupakan deretan nutrisi penting bagi ibu hamil dan menyusui yang perlu Anda ketahui. Langsung saja simak ulasannya berikut ini.

1.   Karbohidrat

Pertama, ada karbohidrat. Karbohidrat tentu menjadi kebutuhan utama setiap manusia. Karbohidrat bagi ibu hamil dan menyusui mempunyai manfaat penting terutama karbohidrat kompleks.

Karbohidrat kompleks mampu membantu memenuhi kebutuhan energi tubuh dan menjaga keseimbangan gula darah. Lalu, membantu mendukung perkembangan sel dan jaringan pada tubuh janin dan ibu.

ASI menjadi sumber nutrisi utama bagi bayi. Dengan mengonsumsi karbohidrat yang cukup bisa membantu menjaga produksi ASI dan membantu ibu menyusui merasa kenyang dan bertenaga setiap hari.

2.   Lemak

Lemak memiliki peran mampu membantu perkembangan otak dan mata pada janin. Lemak pun dimanfaatkan untuk meningkatkan volume darah dan memperbesar jaringan payudara sebagai persiapan sang ibu untuk menyusui bayinya setelah lahir.

Selama dalam masa kehamilan, ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi lemak sebanyak 62,3-67,3 gram per hari. Hanya saja perlu diperhatikan jenis lemak yang terkandung dalam makanan. Jangan mengonsumsi makanan berlemak negatif seperti goreng-gorengan, atau makanan yang banyak lemak transnya.

Pilihlah sumber lemak yang sehat dari ikan, alpukat, atau kacang-kacangan. Kandungan lemak dalam makanan yang sehat tentu lebih baik dibanding lemak trans seperti dari gorengan atau makanan cepat saji.

3.   Asam Folat

Nutrisi penting selanjutnya adalah asam folat. Asam folat menjadi salah satu nutrisi yang sangat penting bagi ibu hamil dan menyusui. Asal folat dikenal juga sebagai vitamin B9 yang membantu mencegah bayi cacat lahir.

Ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat hingga 600 mcg setiap hari. Sementara itu, untuk ibu menyusui cukup mengonsumsi 500 mcg setiap hari.

Beberapa contoh makanan yang mengandung asam folat seperti sayuran hijau, jeruk, lemon, tomat, atau kacang-kacangan. Selain itu, Anda juga bisa melengkapinya dengan zat gizi dari roti dan serat.

4.   Kalsium

Kalsium juga menjadi salah satu zat gizi penting bagi ibu hamil dan menyusui. Selain untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi, kalsium juga penting untuk perkembangan sistem peredaran darah, otot, dan saraf janin.

Menurut AKG, kebutuhan kalsium bagi ibu hamil dan menyusui sekitar 1200 mg dalam sehari. Kalsium bisa diperoleh dari berbagai jenis makanan, misalnya susu, keju, yoghurt, dan makanan atau minuman yang telah diperkaya mineral kalsium tambahan.

5.   Zat Besi

Zat besi juga tidak kalah penting bagi ibu hamil dan menyusui. Mineral yang satu ini memiliki peran untuk menyuplai darah ke janin dan mencegah anemia bagi ibu saat hamil hingga menyusui.

Selama trimester pertama, ibu hamil memerlukan 18 mg zat besi per hari. Lalu, kebutuhan zat besi akan bertambah sampai 27 mg per hari pada trimester kedua dan ketiga.

Kebutuhan mineral zat besi berangsur normal kembali menjadi 18 mg per hari selama 6 bulan pertama dan kedua ketika menyusui. Jadi, pastikan Anda mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi yang cukup setiap harinya.

6.   Vitamin D

Terakhir, ada vitamin D. Ibu hamil dan menyusui juga masih sangat membutuhkan asupan vitamin D yang cukup. Vitamin D mampu membantu tubuh menyerap kalsium dengan baik. Selain itu, vitamin D juga dibutuhkan untuk membantu pertumbuhan tulang dan gigi pada janin.

AKG merekomendasikan bagi ibu hamil dan menyusui untuk memenuhi asupan vitamin D sebanyak 15 mcg per hari. Berjemur sinar matahari pagi dapat membantu menguraikan vitamin D dalam tubuh. Anda bisa berjemur pada pukul 09.00-10.00 selama kurang lebih 10-15 menit saja.

Selain itu, beberapa contoh makanan yang mengandung vitamin D seperti ikan, kuning telur, susu rendah lemak, jeruk, atau sereal yang diperkaya vitamin D.

Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold adalah salah satu rekomendasi yang tepat untuk ibu hamil dan menyusui. Di dalamnya sudah terkandung berbagai macam zat gizi penting yang diperlukan oleh ibu hamil dan menyusui.

Multivitamin Blackmores bisa Anda dapatkan di apotek atau secara online melalui Blibli. Belanja di Blibli memberikan Anda banyak kemudahan dan kelebihan, mulai dari harga promo, diskon, voucher gratis ongkir, cashback, dan lain sebagainya.

Maka dari itu, tunggu apa lagi? Langsung saja buka aplikasi Blibli sekarang juga!.(*)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.