Inilah Pahala Sedekah Air yang Jarang Orang Tahu

Avatar of PortalMadura.com
Inilah Pahala Sedekah Air yang Jarang Orang Tahu
Ilustrasi (krakataumedika.com)

PortalMadura.Com – Hampir semua makhluk hidup yang ada di muka bumi ini membutuhkan air. Karena keberadaannya sangat penting dalam kehidupan. Tapi, karena berbagai faktor, masih ada sebagian wilayah yang mempunyai keterbatasan dalam mendapatkan air bersih.

Maka dari itu, sebagai pribadi yang baik sudah seharusnya untuk membantu mereka yang memiliki keterbatasan tersebut. Walaupun tampaknya sepele tapi tahukah Anda bahwa ternyata sedekah air minum miliki banyak kemuliaan.

Sedekah air tidak hanya bermanfaat untuk mereka yang menerima, namun juga yang memberi. Hal ini juga menjadi salah satu amalan yang diajarkan Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam.

Dalam sebuah hadis dinyatakan bahwa sedekah air menjadi salah satu jalan untuk mendapatkan pengampunan Allah Subhanahu wa ta’ala dan mendapatkan surga.

Dilansir dari Okezone.com dari laman Muslim.or.id, dalam sebuah hadis dari Sa’ad bin ‘Ubadah radhiallahu’anhu, ia berkata:

“Sa’ad bertanya: ‘Sedekah apa yang paling utama, wahai Rasulullah?’ Nabi Shalallahu alaihi wassallam menjawab: ‘Sedekah berupa air minum’.” (HR An-Nasa’i nomor 3666, dihasankan Syekh Al Albani dalam kitab Shahih An-Nasa’i)

Demikian juga kisah pezina yang memberi minum anjing yang kehausan juga diambil faedah oleh para ulama sebagai anjuran untuk bersedekah air. Dari Abu Hurairah radhiallahu’anhu bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

“Seorang wanita pezina diampuni oleh Allah. Dia melewati seekor anjing yang menjulurkan lidahnya di sisi sebuah sumur. Anjing ini hampir saja mati kehausan. Si wanita pelacur tersebut lalu melepas sepatunya, dan dengan penutup kepalanya. Lalu dia mengambilkan air untuk anjing tersebut. Dengan sebab perbuatannya ini, dia mendapatkan ampunan dari Allah.” (HR Al Bukhari nomor 3321, Muslim 2245). Wallahu A’lam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.