Tak Berkategori  

Inilah Penyebab Baju Hitam Terasa Lebih Panas Menurut Sains

Avatar of PortalMadura.com
Inilah Penyebab Baju Hitam Terasa Lebih Panas Menurut Sains
ilustrasi

PortalMadura.Com – Saat berada di siang hari yang terik, maka menggunakan pakaian berwarna hitam mungkin dibandingkan warna lainnya. Lantas, mengapa hal ini bisa terjadi?. Ternyata, bukan panaslah yang berperan dalam hal ini, melainkan cahaya.

Perlu Anda ketahui, bahwa warna yang terlihat pada suatu objek berkaitan dengan panjang gelombang cahaya yang terpantul dari objek tersebut. Pantulan itu bergantung pada sifat atom dan molekuler objek, struktur permukaan serta sudut di mana cahaya menerpanya dan di mana seseorang mengamatinya.

Seperti halnya sebuah apel berwarna merah karena ketika cahaya putih menerpanya (yang terdiri dari campuran semua panjang gelombang yang terlihat), bagian dalam atom akan merefleksikan panjang gelombang merah, melebihi warna lainnya, dan memantulkannya ke mata.

Nah, benda berwarna hitam, seperti baju, terlihat hitam karena menyerap semua panjang gelombang dalam cahaya putih dan tidak memantulkannya. Saat baju menyerap semua cahaya Matahari, energi yang terbawa oleh cahaya itu akan hilang ke dalam baju dan tidak pernah terlihat lagi.

Sebagai gantinya, cahaya yang terserap akan berubah menjadi bentuk energi lain, biasanya panas, dan kemudian dipancarkan oleh baju tersebut. Semakin gelap objeknya, semakin baik pula memancarkan panas, karena warna gelap merupakan penyerap cahaya yang baik.

Jadi di sisi lain, benda putih tampak putih karena merefleksikan semua panjang gelombang yang berbeda dan menyerap sedikit cahaya. (okezone.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.