Inilah Penyebab dan Cara Mencegah Keputihan Pada Wanita

Avatar of PortalMadura.Com
Inilah Penyebab dan Cara Mencegah Keputihan Pada Wanita
Ist.Net

PortalMadura.Com merupakan penyakit yang sering dialami oleh sebagian wanita. Selain itu keputihan juga merupakan penyakit yang dapat membahayakan kesehatan wanita jika diabaikan. Oleh sebab itu, alangkah baiknya jika kita juga mengetahui dan cara mencegah penyakit dari keputihan tersebut. Berikut beberapa penyebab dan cara mencegah keputihan pada wanita.

Keputihan mempunyai beberapa penyebab diantaranya adalah :
1. Jamur Candidas atau Monilia
Warnanya putih susu, kental berbau agak keras, disertai rasa gatal pada kemaluan. Akibatnya, mulut vagina menjadi kemerahan dan meradang. Biasanya, kehamilan, penyakit kencing manis, pemakaian Pil KB, dan rendahnya daya tahan tubuh menjadi pemicu. Bayi yang baru lahir juga bisa tertular keputihan akibat Candida karena saat persalinan tanpa sengaja menelan cairan ibunya yang menderita penyakit tersebut.

2. Parasit Trichomonas Vaginalis
Ditularkan lewat hubungan seks, perlengkapan mandi, atau bibir kloset. Cairan keputihan sangat kental, berbuih, berwarna kuning atau kehijauan dengan bau anyir. Keputihan karena parasit tidak menyebabkan gatal, tapi liang vagina nyeri bila ditekan.

3. Virus
Keputihan akibat infeksi virus juga sering ditimbulkan penyakit kelamin, seperti condyloma, herpes, HIV/AIDS. Condyloma ditandai tumbuhnya kutil-kutil yang sangat banyak disertai cairan berbau. Sedang virus herpes ditularkan lewat hubungan badan. Bentuknya seperti luka melepuh, terdapat di sekeliling liang vagina, mengeluarkan cairan gatal, dan terasa panas. Gejala keputihan akibat virus juga bisa menjadi faktor pemicu kanker rahim.

Berikut cara mencegah keputihan :
– Jalani diet yang seimbang dan banyak minum
– Konsumsi yoghurt, dan batasi konsumsi gula
– Cukup tidur dan istirahat
– Jangan menggaruk vagina sekalipun gatal
– Jaga kesehatan daerah kewanitaan seperti sering lebih sering ganti pembalut/tampon, memakai celana dalam adri bahan katun dan tidak ketat
– Cuci pakaian dalam dengan sabun ringan dan jangan gunakan pembalut/pewangi pakaian
– Jaga kebersihan tubuh, hindari pembersih vagina yang mengandung parfum
– Jaga kebersihan tubuh, hindari pembersih vagina yang mengandung parfum

Dengan Anda mengenal penyebab keputihan dan menerapkan cara diatas setiap harinya, Anda akan terjauhi dari penyakit keputihan yang selalu membuat Anda resah dan tidak nyaman. (Doktersehat/salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.