Inilah Penyebab Salat Tarawih Bikin Ngantuk

Avatar of PortalMadura.Com
Inilah Penyebab Salat Tarawih Bikin Ngantuk
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Menjalankan ibadah menjadi momentum tersendiri di bulan Ramadan, sebab salat tarawih hanya di kerjakan pada saat bulan Ramadan saja. Jumlah tarawihpun beragam, ada yang sebelas rakaat hingga dua puluh tiga rakaat. Namun berapapun jumlah rakaat salat tarawih dilaksanakan, yang sering terjadi ketika salat tarawih berlangsung adalah banyak dari mereka yang tidak bisa menahan kantuk sehingga terkadang mereka hanya mengambil beberapa rakaat dari jumlah rakaat yang diikuti.

Pernahkah Anda juga merasakan demikian? merasa kantuk saat melaksanakan salat tarawih, namun setelah selesai mata menjadi segar kembali. Mengapa hal demikian bisa terjadi dan apa penyebabnya? Yuk simak penjelasannya.

Terlalu Banyak Makan
Seringkali banyak orang menjadikan waktu berbuka puasa sebagai ajang balas dendam. Mereka memakan semua hidangan yang tersedia, tanpa memperdulikan kapasitas perutnya. Alhasil, ia pun kekenyangan, bahkan ada yang sampai tak mampu untuk berdiri. Sehingga, ketika waktu salat tarawih tiba, rasa kantuk datang menerjang.

Tidak Hafal Surat yang Dibaca Imam
Ini banyak terjadi di kalangan kita. Di mana seorang makmum hanya bisa terdiam, mendengarkan ayat-ayat yang tidak sering ia dengarkan. Sehingga, banyak makmum yang melamun. Dan tanpa disadari perasaan kantuk itu datang menghampirinya.

Kurang Istirahat
Tak sedikit dari kita yang bekerja di bulan Ramadan ini. Memang, bekerja adalah suatu kewajiban, maka haruslah ditunaikan, sekali pun ia berada dalam keadaan puasa. Meski demikian, kita pun harus bisa menyisihkan waktu untuk istirahat, agar malam dapat melaksanakan salat tarawih dengan penuh kekhusyukan. Jika tidak, maka rasa lelah akibat bekerja, menimbulkan rasa kantuk yang luar biasa di saat salat.

Salat Dijadikan Beban
Banyak orang berpikir bahwa perintah salat tarawih ini bagaikan beban baginya. Di mana, sebelumnya ia terbiasa bersantai di malam hari, kini ia harus pergi untuk melaksanakan salat. Inilah yang menyebabkan kurangnya semangat dalam pelaksaan salat. Hingga, salatnya dilakukan setengah hati. Akibatnya rasa kantuklah yang menghampiri.

Demikian penyebab rasa kantuk yang datang ketika salat tarawih. Semoga informasi di atas bermanfaat. (islampos.com/Nanik)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.