Intensitas Hujan di Pamekasan Tergolong Sedang

Avatar of PortalMadura.com
Intensitas Hujan di Pamekasan Tergolong Sedang
dok. Ist. net. BPBD-Pamekasan

PortalMadura.Com, – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, memprediksi intensitas hujan sedang akan terus terjadi hingga bulan Februari 2018. Hal itu berdasarkan prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Surabaya.

Koordinator Tim Reaksi Cepat (TRC) , Budi Cahyono menyampaikan, curah hujan yang terjadi di wilayah bumi Gerbang Salam dalam beberapa hari terakhir ini masuk kategori hujan sedang meskipun secara pantauan umum hujan begitu deras.

“Di Pamekasan intensitasnya masih sedang, kalau tinggi itu di atas 500. Walaupun yang terjadi hujannya deras, tapi ada parameternya, parameter BMKG itu beda dengan kebiasaan yang kita ucapkan. Kalau 200 ke bawah itu ringan, 200 sampai 400 itu sedang, 500 ke atas itu tinggi,” terangnya, Jumat (22/12/2017).

Dia menambahkan, sekecil apapun hujan yang terjadi di sebuah daerah tetap berpotensi bencana tergantung kondisi tanah. Prediksi cuaca tersebut sewaktu-waktu bisa berubah sesuai update BMKG, biasanya BMKG langsung mengirim surat kepada BPBD terkait cuaca terbaru, apalagi ada cuaca yang tidak bersahabat.

“Kalau ada peringatan dini baru dikirimkan ke kami oleh BMKG, kita ini kan sama-sama tidak tahu bagaimana cuaca di laut, di Australia dan lain-lain, tapi rata-rata intensitas hujan sedang hingga bulan Februari,” jelasnya. (Marzukiy/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.