Intensitas Hujan Diprediksi 70 Persen, 11 Wilayah di Sampang Akan Tergenang Banjir

Avatar of PortalMadura.com
Intensitas Hujan Diprediksi 70 Persen, 11 Wilayah di Sampang Akan Tergenang Banjir
Ilustrasi (NET)

PortalMadura.Com, Sampang – Sejumlah wilayah di Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, diprediksi berpotensi dilanda bencana banjir pada musim penghujan tahun 2021.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sampang, Asroni menyampaikan, pemetaan terhadap wilayah yang berpotensi terdampak banjir telah dilakukan antisipasi.

Ada sebelas wilayah yang diakui berpotensi dilanda banjir pada musim penghujan. Yaitu, menyebar di empat kelurahan dan tujuh desa di Kabupaten Sampang.

Empat kelurahan yang selalu tergenang banjir, lanjut Asroni, yakni Dalpenang, Rongtengah, Gunung Sekar, dan Karang Dalam, Kecamatan Kota Sampang.

“Tujuh desa yang dipetakan rawan banjir, meliputi Desa Pangelen, Banyumas, Tanggumong, Kamuning, Pasean, Panggung, dan Gunung Maddah,” ujarnya, Senin (1/11/2021).

Pihaknya menyebutkan, Kelurahan Rongtengah bagian wilayah terparah dilanda banjir akibat luapan air sungai Kali Kamoning sangat tinggi.

Baca Juga:  ABG Bunuh Bocah Niat Kuasai Perhiasan Divonis 10 Tahun

“Pengalaman tahun lalu, ketinggian banjir setinggi pinggang orang dewasa di Kelurahan Rongtengah,” jelasnya.

Menurut Asroni, berdasarkan prediksi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Jawa Timur, akan ada fenomena La Nina dengan intensitas curah hujan meningkat 20 sampai 70 persen.

“Sesuai prediksi dari BMKG, musim penghujan di daerah Sampang akan turun sejak November 2021,” ungkapnya.

“Prediksi bencana banjir di Kabupaten Sampang, kejadian lebih kecil dibandingkan tahun lalu. Lantaran, mesin pompa pengendali banjir dalam kondisi normal dan berfungsi optimal,” pungkasnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.