iOS 16.4 Bikin Boros Baterai, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Avatar of PortalMadura.com
iOS 16.4 Bikin Boros Baterai, Bagaimana Cara Mengatasinya
iOS 16.4 Bikin Boros Baterai, Bagaimana Cara Mengatasinya

PortalMadura.com-Apabila Anda pengguna iPhone dan belum melakukan pembaruan ke iOS 16.4, sebaiknya pertimbangkan kembali. Pembaruan sistem operasi terbaru ini ternyata dapat memperpendek masa pakai baterai pada beberapa model iPhone.

Pengujian yang dilakukan oleh kanal YouTube iAppleBytes menunjukkan bahwa penggunaan iOS 16.4 secara signifikan mengurangi skor baterai pada iPhone 13, iPhone 12, iPhone 11, iPhone XR, dan iPhone 8.

Dalam pengujian tersebut, semua skor baterai yang diuji menurun dibandingkan dengan versi iOS sebelumnya, bahkan beberapa model mengalami penurunan skor hingga dua digit. Skor baterai untuk iPhone 13 menurun 11%, sementara untuk iPhone 12 menurun 12%.

Namun, ini bukanlah masalah baru. Pada pembaruan iOS sebelumnya, pernah terjadi masalah pengurasan baterai yang kemudian diperbaiki dengan pembaruan selanjutnya. Kita tidak bisa menyalahkan pengembang Apple karena masalah ini memang terjadi pada setiap pembaruan sistem operasi.

Bagaimana Cara Mengatasi Masalah Pengurasan Baterai pada iOS 16.4?

  1. Tunggu Pembaruan Selanjutnya

Pengembang Apple akan selalu berusaha memperbaiki masalah pada pembaruan sistem operasi terbaru. Maka dari itu, jangan terburu-buru untuk melakukan pembaruan ke iOS 16.4 apabila Anda belum memperoleh pemberitahuan untuk mengunduhnya. Tunggu hingga pembaruan selanjutnya tersedia untuk diinstal.

  1. Matikan Fitur yang Tidak Diperlukan

Salah satu cara untuk memperpanjang masa pakai baterai adalah dengan mematikan fitur yang tidak diperlukan. Fitur-fitur seperti Bluetooth, Wi-Fi, dan Lokasi dapat memperpendek masa pakai baterai. Matikan fitur ini ketika Anda tidak menggunakannya.

  1. Kurangi Kecerahan Layar

Kecerahan layar yang terlalu tinggi juga dapat memperpendek masa pakai baterai. Kurangi kecerahan layar hingga level yang sesuai dengan kondisi pencahayaan sekitar.

  1. Nonaktifkan Fitur Push Email

Fitur push email dapat membuat iPhone terus memperbarui inbox secara otomatis. Ini dapat memperpendek masa pakai baterai. Nonaktifkan fitur push email dan lakukan sinkronisasi manual saat Anda ingin memeriksa email.

  1. Hapus Aplikasi yang Tidak Diperlukan

Aplikasi yang terus berjalan di latar belakang dapat memperpendek masa pakai baterai. Hapus aplikasi yang tidak diperlukan dan tutup aplikasi yang sedang tidak digunakan.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.