Istri Perlu Tahu, Ini 3 Hikmah Suami Anda Berpoligami

Avatar of PortalMadura.Com
Istri Perlu Tahu, Ini 3 Hikmah Suami Anda Berpoligami
ilustrasi

PortalMadura.Com – Poligami merupakan salah satu di antara syariat Islam, dimana seorang pria muslim diizinkan menikahi lebih dari satu wanita. Namun dalam Islam, perbuatan ini sangat diatur ketat, sehingga pria yang ingin menjalani poligami itu tidak mudah.

Allah SWT berfirman: “Dan jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil terhadap (hak-hak) perempuan yang yatim (bilamana kamu menikahinya), maka nikahilah wanita-wanita (lain) yang kamu senangi: dua, tiga atau empat. Kemudian jika kamu takut tidak dapat berlaku adil, maka (nikahilah) seorang saja, atau budak-budak yang kamu miliki. Yang demikian itu adalah lebih dekat kepada tidak berbuat aniaya,” (QS. An Nisaa: 3).

Kendati demikian, memang sangat sakit bagi seorang perempuan karena harus rela berbagi kasih dengan wanita lainnya. Lantas, apakah dalam hal ini Allah tidak adil terhadap kaum perempuan?. Tidakkah Allah mempedulikan perasaan seorang istri?.

Allah sudah menggariskan bahwa apapun yang diperintahkan memiliki kebaikan sendiri bagi kesejahteraan manusia, salah satunya .

Berikut tiga hikmah poligami yang perlu Anda ketahui:

Memahami Sifat Seorang Lelaki
Suami memiliki sifat yang tidak bisa dimengerti oleh wanita dimana sebagian diantara mereka tidak puas hanya dengan satu istri. Bila mereka tidak diizinkan melakukan poligami, dikhawatirkan perselingkuhan akan terjadi.

Bahkan, bila sang suami menghindari hal itu, mereka akan melakukan hal-hal yang mampu berdampak buruk pada sang istri. Larangan poligami bagi seorang lelaki akan memunculkan banyak perzinahan di tengah masyarakat.

Terlebih, bila sang istri tidak mampu mencukupi kebutuhan suami, poligami menjadi hal tersendiri. Misalnya, ketidakmampuan memberi keturunan. Melakukan poligami untuk meneruskan keturunan dalam hal ini diperbolehkan.

Melarang suami untuk melakukan poligami dalam kasus ini tentu akan mengurangi keharmonisan keluarga Anda.

Meringankan Beban Istri
Hikmah poligami yang kedua adalah ringannya beban yang ditanggung oleh istri. Ada kalanya sang istri tidak mampu melayani suami dikarenakan kondisi fisik, seperti mengidap sebuah penyakit. Karena itu, Allah mengizinkan sang suami untuk berpoligami agar beban sang istri berkurang.

Perlu Anda ketahui, bahwa Allah menyayangi Anda sebagai wanita. Misalnya, pada suatu waktu, istri menderita sakit dan suami tidak ingin menceraikannya. Maka pada kondisi seperti ini, suami tentu membutuhkan pendamping lain.

Kuantitas Perempuan
Secara statistik jumlah ketidakseimbangan antara lelaki dan perempuan menyebabkan seorang suami melakukan poligami dan memberi kesempatan untuk wanita lain bersuami. Di samping itu, seorang wanita memiliki jangka waktu haid yang cukup lama.

Apabila sang suami tidak bisa menahan kebutuhan ini, dikhawatirkan mereka akan melakukan perselingkuhan dan zina. Hal ini jatuhnya jauh lebih sakit dibandingkan berpoligami.

Sebenarnya, Allah menetapkan sesuatu sudah diperhitungkan dan pasti tidak akan membawa keburukan pada umat manusia. Anda sebagai seorang muslimah yang baik, ada baiknya menyadari dan meyakini bahwa ada hikmah poligami yang seharusnya sudah Anda pahami sebelum suami berkeinginan melakukannya. Hal ini adalah sebuah bentuk ibadah Anda kepada Allah.

Namun demikian, sebagai seorang suami, ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika hendak memutuskan berpoligami. Apakah sang suami sudah benar-benar mampu menafkahi kedua istri dan mereka sudah benar-benar mampu bersikap adil kepada kedua istri?.

Sebab, sejatinya sifat perempuan yang begitu lembut dan sensitif, jangan sampai hal ini mengurangi ibadah Anda kepada Allah. (muslimah.co.id)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.