oleh

Jadi Venue Latihan Piala Dunia U-20, PKL di SGB Akan Direlokasi

PortalMadura.Com, Bangkalan – Pedagang Kaki Lima (PKL) di sekitar Stadion Gelora Bangkalan (SGB) Madura, Jawa Timur akan direlokasi.

Hal tersebut akan dilakukan Pemerintah Daerah Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur menyusul rencana SGB menjadi venue latihan peserta Piala Dunia U-20 tahun 2021.

“Saat latihan, SGB harus bersih dari PKL,” tegas Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Kabupaten Bangkalan, Moh Fahri, Kamis (12/11/2020).

Tujuannya, kata dia, supaya SGB terlihat bersih, maka semua PKL yang berjualan di area stadion bagian depan maupun Selatan akan di pindah ke belakang.

“Kios PKL yang berada di bagian Selatan karena bentuknya warung akan di pindah ke TRK diganti dengan kios yang berbetuk permanen,” terangnya.

Kios yang akan di bangun di TRK sebanyak 20 unit yang ditargetkan selesai pertengahan bulan Desember dengan anggaran Rp180 juta.

“Pertengahan bulan Januari 2021 yang memiliki kios di Selatan akan menempati kios di TRK (Taman Rekreasi Kota),” urainya.

PKL yang menggunakan gerobak yang berada di halaman stadion akan dibuatkan kanopi. “Sewaktu-waktu saat stadion di gunakan untuk latihan, semua PKL di depan stadion harus pindah ke belakang,” katanya.

Sementara, Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Bangkalan, Moh Hasan Faisol tidak mempermasalahkan penggunaan TRK untuk PKL.

“Pemindahan kios akan membangkitkan wisata, sehingga menjadi lebih ramai lagi,” tandasnya.

Selaku pengelola TRK, pihaknya akan melaporkan kepada bupati agar jam buka TRK yang awalnya dari pagi sampai sore hari agar dapatnya diperpanjang sampai tengah malam.

“Untuk keamanan nanti ada tim khusus dari SatpolPP dan waker di sana,” pungkasnya.(*)

Penulis : M. Saed
Editor : Oktaviana Dwi K.K

Komentar