oleh

Jaga Kesehatan Organ Hati dengan 4 Cara Ini

PortalMadura.Com – Hati merupakan salah satu organ penting yang memiliki fungsi membantu melepaskan racun, menjaga metabolisme, menjaga sirkulasi serta menyeimbangkan hormon. Oleh karena itu, menjaga kesehatan hati perlu dan penting Anda lakukan.

Perubahan gaya hidup seseorang merupakan salah satu faktor yang bisa menyebabkan masalah hati. Konsumsi makanan olahan, kurang gerak pada kehidupan sehari-hari, serta sejumlah faktor bisa menyebabkan munculnya masalah pada organ hati. Dan ini beberapa cara mencegahnya:

Gempur Rokok Ilegal Pemkab Sumenep

BACA : Jelang Liga 3 Jatim 2021, Madura FC Masih Butuh Empat Laga Uji Coba

Konsumsi Makanan Sehat
Hati berkerja untuk memecah lemak, mendukung produksi protein dan gula serta membersihkan kandungan buruk pada darah. Ketika seseorang mengonsumsi makanan tidak sehat, organ tersebut jadi kewalahan.

Perbanyak konsumsi makanan alami non olahan, seperti sayur dan buah. Fokus pada makanan yang menyediakan jumlah antioksidan dan serat yang baik serta dapat membalik masalah dan penyakit hati.

Hindari Alkohol
Minum alkohol terutama dalam jumlah banyak membuat hati bekerja keras dalam membersihkan tubuh. Pakar kesehatan merekomendasikan maksimal satu kali minum setiap hari untuk wanita dewasa dan satu atau dua kali untuk pria dewasa demi menjaga kesehatan organ tubuh.

Baca Juga: Tahun 2019, SMPN 1 Sumenep Full Terapkan Digital School

Konsumsi Tanaman Herbal
Terdapat tanaman herbal yang bisa membantu kinerja hati dalam mengubah nutrisi dan menghilangkan racun dari dalam tubuh. Sejumlah tanaman herbal bisa membantu mengatasi penumpukan racun di hati, melawan bakteri, menghilangkan infeksi, dan mengurangi masalah pencernaan.

Kurangi Stres
Stres kronis menyebabkan perubahan di dalam tubuh yang bisa menimbulkan peradangan dan memperburuk masalah hati. Buruknya kerja hati bisa menimbulkan masalah seperti pusing, sakit kepala, kram, pandangan memburam, serta masalah pencernaan.

Sejumlah hal tersebut bisa Anda lakukan untuk membuat kesehatan hati Anda kembali membaik. Dengan kesehatan tubuh yang prima, segala hal dapat berjalan dengan tepat.

Dapatkan Berita terbaru dari kami via Telegram

Komentar