oleh

Jahe Merah, Kunci Stamina Didi Kempot Kuat Manggung

PortalMadura.Com –  Merebaknya virus Corona (Covid-19) membuat masyarakat akhirnya lebih memerhatikan daya tahan tubuh. Terutama setelah banyak rekomendasi lembaga kesehatan yang menyarankan masyarakat meningkatkan daya tahan tubuh.

Beragam cara dipilih untuk menjaga daya tahan tubuh, salah satu alternatifnya dengan mengonsumsi bahan herbal. Dari banyak bahan herbal, ada satu yang cukup mencolok yakni jahe merah.

Jahe Merah kini banyak diburu orang berkat khasiatnya yang bermanfaat bagi tubuh. Pengakuan Presiden Jokowi yang minum jahe merah tiga kali sehari sejak wabah corona (Covid-19), turut serta menjadikan bahan herbal khas Indonesia ini banyak diburu.

Manfaat Jahe Merah sendiri sudah dirasakan banyak orang, salah satunya diungkapkan Didi Kempot, sang maestro campursari. Di tengah jadwal panggungnya yang sangat padat, pria kelahiran Surakarta ini masih tampak prima.

Tetap Prima ala Didi Kempot

Pilihan mengonsumsi jahe merah yang dilakukan Didi Kempot ini.  Sebab tanaman herbal yang termasuk ke dalam keluarga Zingiberaceae ini terbukti mampu menjaga daya tahan tubuh, mengatasi mual, muntah, hingga meredakan gejala flu dan demam.

Bahkan, jahe merah telah lama digunakan sebagai obat daripada jenis jahe lainnya. Hal tersebut karena kandungan gingerol dalam jahe merah lebih banyak dan lebih kuat. Hal ini sejalan dengan sebuah penelitian yang diterbitkan dalam PubMed Central Journal of Ethnopharmacology yang menunjukkan bahwa kandungan antioksidan pada jahe merah mampu menyembuhkan masalah kesehatan pernapasan pada manusia karena infeksi virus.

Khusus jahe merah yang rutin dikonsumsi Didi Kempot, jahe merah tersebut memiliki senyawa yang tidak kalah bermanfaat untuk memelihara daya tahan tubuh, yakni: Shogaol; Gingerol, Zingeron; Capsaicin; Farnesene; Cineole; Caprylic acid; Aspartic; Linolenic acid; Gingerdione; Serat resin; Oleoresin dan terakhir Minyak atsiri.

Cara Minum Jahe Merah Ala Didi Kempot

Banyak cara mengonsumsi jahe merah agar Anda bisa tetap prima seperti legenda campursari ini.  Anda bisa mengonsumsi secara langsung dengan cara menghaluskan jahe merah kering yang diseduh dengan air hangat, atau dibuat campuran minuman.

Atau bagi Anda yang tidak punya waktu untuk mengolah jahe merah sebagai minuman kesehatan, saat ini sudah tersedia banyak jahe merah instan yang bisa Anda konsumsi.

Seperti yang dilakukan Didi Kempot yang dalam beberapa kesempatan tampak kedapatan mengonsumsi minuman sachet jahe merah yang diproduksi salah satu perusahaan minuman herbal.

didi kempot minum jahe merah
(Didi Kempot tetap bugar di tengah jadwal panggung padat (foto: Isntagram @ didikempot_official)

Saran kami rutinlah mengonsumsi jahe merah baik mengolahnya sendiri atau membeli jahe merah sachet. Anda bisa mendapatkannya di mana saja. Kalau Anda sedang tidak ingin keluar rumah karena khawatir terpapar virus corona Anda bisa membelinya di e-commerce seperti Shopee dan tinggal menunggu paket tiba di rumah.

Rewriter: Muhammad Zakariya
Editor: Firman Ghazali Akhmadi
Tirto.ID
Loading...

Komentar