4 Bahan Rumahan Ini Ampuh Cegah Virus Corona

Avatar of PortalMadura.com
4 Bahan Rumahan Ini Ampuh Cegah Virus Corona
Ilustrasi

PortalMadura. Com – Penularan () yang semakin bertambah di berbagai negara tentu membuat mayoritas masyarakat berusaha keras untuk mencegahnya. Salah satu cara pencegahannya adalah dengan menyemprotkan ke bagian-bagian rumah yang sering disentuh.

Lantas, apakah penyemprotan disinfektan tersebut efektif untuk membunuh virus corona?.

Baca Juga: 7 Langkah Mudah Biasakan Anak Rajin Mencuci Tangan

Dilansir dari Okezone.com, Sabtu (21/3/2020), seorang Ahli Penyakit Menular dan Profesor Emeritus di University of California, Berkeley, dr. John Swartzberg mengatakan, virus corona memiliki kelemahan yakni tidak cukup kuat dan tahan dengan disinfektan.

Selain itu, para ahli di Consumer Reports, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit serta Organisasi lain, telah mempertimbangkan tentang disinfektan yang bisa diaplikasikan di rumah untuk melindungi anggota keluarga dari virus corona.

“Pembersihan secara teratur menggunakan pembersih normal dapat menghilangkan semua jenis kuman, bahkan bukan hanya virus corona yang menempel pada permukaan,” terang Associate Editor Consumer Report, Chatherine Roberts.

Untuk itu, berikut ini empat daftar desinfektan yang efektif digunakan untuk menangkal penyebaran berbagai virus dan bakteri, seperti dikutip Okezone.com dari NBC News:

Sabun dan Air

Kombinasi dua campuran ini dapat bekerja dengan baik. Sabun dapat menghilangkan partikel virus yang menempel pada permukaan seperti tangan, wajah atau meja. Sementara air bisa menyapu virus dan bakteri hingga tersapu bersih.

Ahli kimia organik dan anggota American Chemical Society, Richard Sachleben mengatakan, sebagian besar produk pembersih yang biasa disebut sabun, sebenarnya adalah deterjen yang tidak hanya mampu menghilangkan kuman yang menempel di permukaan, tapi juga membunuh mereka.

Pemutih

Profesor penyakit menular di University of Washington Medical Center, dr. Paul Pottinger, menyebut bahwa pemutih sangat efektif untuk membunuh virus corona.

Bahkan dengan memanfaatkan benda yang satu ini, hampir semua kuman yang ada di planet bisa mati. Sayangnya, kelemahan dari pemutih adalah menimbulkan bau yang sangat tidak enak dan dapat merusak semua barang yang hendak Anda bersihkan.

Hidrogen Peroksida

Hidrogen peroksida tidak memiliki kekuatan seperti pemutih, sehingga lebih kecil kemungkinannya untuk menyebabkan kerusakan. Akan tetapi, cairan ini terbukti dapat menghitamkan beberapa kain.

Alkohol

Membersihkan benda menggunakan alkohol dengan kadar 70 persen akan membunuh virus corona dengan potensi kerusakan yang lebih kecil daripada pemutih.

Caranya, Anda bisa langsung menggunakannya tapi jangan mengencerkannya. Consumer Reports mengatakan, alkohol yang digosok cenderung aman untuk semua permukaan benda, tetapi dapat menghitamkan beberapa benda yang terbuat dari plastik.

Di sisi lain, Consumer Report mengatakan, agar masyarakat tidak menggunakan cuka putih yang disuling atau vodka. Tidak ada bukti yang menyatakan kalau kedua cairan ini efektif untuk membasmi virus corona. Konsenterasi alkohol yang ada di dalam vodka tidak cukup tinggi untuk membunuh virus.

Sebagaimana Handmade Vodka Tito mengatakan, bahwa vodka buatan mereka hanya mengandung 40 persen alkohol. Kadar seperti itu tidak memenuhi rekomendasi CDC. Pasalnya, untuk pembersih tangan saja suatu disinfektan memerlukan alkohol paling tidak dengan kadar 60 persen.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.