Jakarta Bertransformasi Menuju Konsep Kota dalam Fifteen Minutes

Avatar of hartono
Jakarta Bertransformasi Menuju Konsep Kota dalam Fifteen Minutes
Potret Yoga Adiwinarto (Sumber: Intelligent Transport System Asia Pacific Forum 2024)

PortalMadura.Com – Jakarta, yang tidak lagi berstatus sebagai ibu kota, didorong untuk menerapkan konsep “Kota Dalam 15 Menit” melalui pengembangan massif area Transit Oriented Development (TOD).

Sebagai upaya untuk mengatasi tantangan mobilitas urban, khususnya setelah perubahan statusnya, Jakarta diharapkan bisa menerapkan ide Kota Dalam 15 Menit. Konsep urban ini bertujuan untuk memastikan semua keperluan harian bisa diakses hanya dengan 15 menit perjalanan, yang diharapkan dapat meminimalisir kemacetan, mengurangi polusi, dan meningkatkan efisiensi pergerakan penduduk Jakarta.

Dalam sebuah wawancara khusus, Yoga Adiwinarto, seorang ahli mobilitas urban dan Sekretaris Jenderal ITS Indonesia, membagikan pandangannya bahwa masalah mobilitas di perkotaan, terutama di Jakarta, bisa diatasi dengan penerapan Intelligent Transport System (ITS) secara menyeluruh. Sistem pintar ini diharapkan tidak hanya akan memperbaiki efisiensi dan keamanan transportasi, namun juga memperhatikan kelestarian lingkungan.

Salah satu strategi yang dinilai efektif adalah pengembangan Kawasan Berorientasi Transit atau Transit Oriented Development (TOD). “TOD fokus tidak hanya pada peningkatan akses dan kenyamanan bagi pejalan kaki, tetapi juga integrasi efektif antarmoda transportasi seperti MRT, LRT, BRT, dan layanan ride hailing,” ungkap Yoga, yang juga direktur Transjakarta.

Dengan munculnya TOD di beberapa titik di Jakarta, Yoga optimis perubahan ini dapat mendorong Jakarta menjadi Kota Dalam 15 Menit. Contohnya, perjalanan dari Senayan ke destinasi yang dapat diakses dengan berjalan kaki ke stasiun, dilanjutkan dengan perjalanan kereta, dapat ditempuh dalam waktu sekitar 10-15 menit.

Langkah ini membutuhkan koordinasi erat antara pemerintah dan sektor swasta untuk membangun infrastruktur pendukung seperti terminal dan stasiun yang terintegrasi, sistem tiket gabungan, serta aplikasi navigasi dan informasi yang dapat diakses secara real time. Yoga menekankan pentingnya data analitik yang kuat untuk mengoptimalkan alur penumpang dan memastikan pengalaman pengguna yang lebih baik.

Untuk memperluas konsep sukses di Jakarta ke daerah lain di Indonesia, Yoga mengajak semua pemangku kepentingan dan pengguna transportasi publik untuk berpartisipasi dalam Intelligent Transport System (ITS) Asia Pacific Forum 2024, yang akan diselenggarakan pada 28-30 Maret 2024 di Jakarta Convention Center. Acara ini akan menampilkan perkembangan terbaru dalam teknologi transportasi, mulai dari taksi terbang hingga sistem transportasi pintar berbasis AI, serta berbagai panelis internasional yang akan membagikan kisah sukses penerapan sistem transportasi cerdas di kota mereka.

Tentang Intelligent Transport System Asia Pacific Forum 2024

Intelligent Transport System (ITS) Asia Pacific Forum 2024 adalah event rutin di sektor transportasi dan infrastruktur yang akan mengumpulkan stakeholder, ahli, pembuat kebijakan, pemimpin industri, dan pengembang teknologi untuk berbagi ide, memamerkan inovasi, dan mendiskusikan kemajuan dalam Sistem Transportasi Cerdas (ITS).

Indonesia sebagai tuan rumah ITS Asia Pacific Forum ke-19 yang akan diselenggarakan pada 28-30 2024 di Jakarta Convention Center (JCC). Sebagai tuan rumah, ITS Indonesia mendorong inisiatif pengembangan dan penggunaan sistem transportasi cerdas di Indonesia, menjadikan ITS Asia Pacific Forum 2024 sebagai platform penting untuk kemajuan mobilitas cerdas dan ekosistem transportasi pintar.

Acara ini diorganisir oleh ITS Indonesia dan didukung oleh asosiasi ITS di seluruh kawasan Asia Pasifik.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.