Jangan Asal, Begini 7 Cara Memulai Bisnis Clothing

Rewriter: Putri KuzaifahRujukan: Idntimes.com
Jangan-Asal,-Begini-7-Cara-Memulai-Bisnis-Clothing
Ilustrasi (inspirasinews.com)
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Dalam kehidupan ini, ada beragam jenis bisnis yang bisa dijalankan. Salah satunya yaitu bisnis clothing atau berjualan pakaian. Apabila Anda memulainya dengan cara yang benar dan tepat, maka bisnis ini akan menguntungkan Anda untuk mendapatkan cuan.

Apalagi pakaian menjadi satu jenis barang yang selalu dibutuhkan banyak orang, tentunya akan terus laku terjual. Belum lagi jika Anda mengikuti tren atau perkembangan busana yang berbeda di setiap waktunya, pelanggan akan berdatangan mencari Anda.

Walaupun demikian, merintis bisnis clothing tidak bisa dilakukan asal-asalan. Untuk bisa meraup keuntungan, berikut ini tujuh langkah sebagai cara memulai bisnis clothing untuk para pemula, seperti dikutip IDN Times dari situs dosenekonomi.com:

Melakukan Riset

Tidak ada bisnis yang bisa tiba-tiba langsung memberikan Anda keuntungan. Tidak terkecuali dalam bisnis clothing. Hal pertama sebelum Anda memulai bisnis ini adalah dengan melakukan riset. Ada banyak riset yang bisa Anda lakukan seperti riset pasar, riset terhadap seberapa banyak modal dibutuhkan, dan masih banyak lainnya.

Riset menjadi bagian penting dalam perencanaan sebuah bisnis. Tanpa riset yang baik, niscaya bisnis clothing-Anda tidak bisa berkembang dengan baik ke depannya.

Menyiapkan Peralatan dan Modal

Setelah Anda melakukan riset, cara selanjutnya memulai bisnis clothing adalah dengan menyiapkan segala peralatan dan modal yang dibutuhkan.

Ada baiknya Anda melakukan persiapan terbaik guna mengatasi kemungkinan banyaknya pengeluaran pada awal mula bisnis berjalan. Sebagai solusinya, Anda bisa menggunakan peralatan yang sudah Anda miliki sebelumnya.

Baca Juga:  Sumenep Hadapi Uji Petik Penilaian Mandiri Kabupaten Kreatif Kemenparekraf

Contohnya, menggunakan ruang di dalam rumah sendiri sebagai tempat penyimpanan pakaian yang Anda jual. Sementara terkait modal, Anda tidak perlu menggunakan modal terlalu banyak pada awal bisnis berjalan.

Modal yang paling penting digunakan untuk pembelian pakaian, biaya transportasi, dan lainnya. Hal penting lainnya adalah Anda mesti meminimalisir semua pengeluaran pada awal bisnis Anda.

Mengerti Dunia Fashion

Dalam memulai bisnis clothing, Anda disarankan untuk mengerti dunia fashion. Dengan mengerti dunia tersebut maka nantinya Anda bisa mengikuti beragam model pakaian kekinian yang tengah tren.

Dengan demikian, Anda akan bisa mendapatkan insight jenis pakaian apa yang sebaiknya Anda jual. Jangan sampai Anda menjual pakaian yang malah tidak kekinian atau tidak dicari oleh konsumen.

Mencari Supplier Murah

Supplier atau pemasok jadi salah satu faktor keberhasilan dalam bisnis clothing. Oleh sebab itu, Anda perlu mencari supplier yang menjual barang dengan harga murah. Namun, jangan sampai Anda salah pilih sebab banyak supplier menawarkan barang dengan harga miring, tapi kualitasnya jauh dari standar.

Sebagai pebisnis pemula, Anda perlu memanfaatkan insting dan keahlian Anda dalam memilih supplier terbaik. Anda bisa langsung membeli dari pabrik atau tangan pertama atau bahkan membeli langsung dari produsennya sebelum Anda jual ke konsumen Anda.

Mendesain Pakaian Custom

Satu hal yang bisa jadi diferensiasi antara bisnis clothing Anda dengan yang lain adalah melalui jasa desain pakaian custom. Hal itu bisa Anda lakukan sesuai dengan keinginan Anda atau berdasarkan permintaan pembeli.

Baca Juga:  Sumenep Hadapi Uji Petik Penilaian Mandiri Kabupaten Kreatif Kemenparekraf

Desain custom tersebut tentunya akan memudahkan Anda untuk bisa berkreasi sekaligus memberikan kebebasan pada pembeli untuk menentukan jenis desain pakaian yang mereka inginkan.

Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan keuntungan dan juga loyalitas pembeli apabila mereka menyukai desain yang Anda buat. Bukan tidak mungkin jika nantinya pembeli atau konsumen Anda melakukan repeat order.

Lakukan Pemasaran secara Langsung

Pada saat proses pemasaran, Anda bisa menggunakan strategi pemasaran secara langsung. Pemasaran jenis ini bakal lebih efektif pada awal mulai bisnis clothing-Anda dijalankan.

Dengan menawarkan pakaian yang Anda jual ke pembeli secara langsung maka kemungkinan bisnis Anda dikenal banyak orang semakin besar. Itu juga akan membantu perjalanan bisnis clothing Anda ke depannya.

Maksimalkan Media Sosial dalam Penjualan Online

Di era digitalisasi ini penting bagi tiap bisnis untuk memanfaatkan penjualan online via media sosial (medsos). Anda pun bisa memanfaatkan hal tersebut untuk berjualan pakaian.

Penggunaan medsos dalam penjualan online memungkinkan Anda menjangkau lebih banyak pembeli dan membuat bisnis Anda lebih fleksibel.

Nah itu dia tujuh cara memulai bisnis clothing yang bisa Anda praktikkan. Semoga berhasil.


Ikuti Berita Kami Lainya di Google Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.