Jangan Asal, Penggunaan Glitter Bisa Berakibat Fatal bagi Mata

Menggunakan Glitter
Ilustrasi
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Tren makeup yang sempat populer di tahun 2017 hingga sekarang yaitu glitter. Keberadaannya selalu sukses membuat penampilan menjadi lebih menarik.

Ada banyak jenis glitter yang bisa dipilih oleh seseorang, mulai dari loose glitter, loose glitther shadow, pressed glitter, serta creamy glitter. Tapi Anda perlu hati-hati dalam penggunaannya, karena glitter yang digunakan secara sembarangan untuk riasan mata bisa mengganggu kesehatan mata.

Nah, agar Anda dapat menggunakan riasan glitter pada mata dengan aman, yuk ikuti tips berikut:

Gunakan Glitter Khusus Kosmetik
Lebih tepatnya, jangan pernah gunakan craft glitter atau glitter untuk kerajinan tangan atau prakarya pada wajah Anda. Meskipun harganya lebih murah, terdapat banyak sekali perbedaan yang menjadi alasan kenapa glitter tersebut berbahaya.

Perbedaan yang paling utama adalah kebanyakan craft glitter terbuat dari metal, sehingga jika sampai ada partikel yang masuk ke mata, sekalipun kecil, dapat berakibat masalah serius pada mata Anda.

Sedangkan, glitter kosmetik terbuat dari plastik yang tidak beracun. Tentunya, proses pembuatan glitter kosmetik pun memiliki standar kebersihan yang jauh lebih tinggi ketimbang glitter kerajinan biasa.

Selain itu, partikel glitter kosmetik lebih halus ketimbang craft glitter. Partikel glitter kosmetik pun biasanya berbentuk bulat, sehingga mengurangi risiko goresan. Lain halnya dengan craft glitter yang bentuknya bersudut tajam, seperti hexagon atau kotak. Hal inilah yang menyebabkan kornea (lapisan terluar mata) Erica Diaz tergores dan infeksi, hingga membuatnya buta.

Sebelumnya, Erica Diaz sedang bersih-bersih setelah menemani anaknya membuat kerajinan menggunakan glitter, saat itulah ada partikel craft glitter yang masuk ke dalam matanya dan menggores korneanya. Jadi, meskipun menggunakan glitter kosmetik tidak sepenuhnya aman dari bahaya, namun paling tidak Anda dapat meminimalisir risiko dengan menggunakan glitter yang dikhususkan untuk riasan.

Pastikan Glitter Menempel dengan Baik
Agar tidak ada partikel glitter yang ‘ke mana-mana’ apalagi sampai masuk ke dalam mata, glitter harus ditahan oleh sesuatu, baik gel, lem makeup, gloss, dan sejenisnya. Apalagi, jika Anda menggunakan loose glitter yang partikelnya benar-benar berupa butiran glitter seperti craft glitter.

Jika hanya ingin mencoba-coba riasan saja dalam waktu singkat, Anda bisa mengaplikasikan eyeshadow base berbentuk cream untuk menahan glitter. Namun, jika Anda berniat menggunakan riasan glitter ini dalam jangka waktu yang cukup lama, pastikan Anda menggunakan perekat yang kuat.

Lain halnya jika Anda menggunakan glitter dalam bentuk pressed glitter atau cream glitter yang merupakan krim dengan taburan glitter, sehingga lebih mudah untuk diaplikasikan tanpa perlu khawatir ada partikel glitter yang berjatuhan.

Selain pemilihan jenis glitter dan perekatnya, Anda juga perlu memerhatikan kuas yang Anda gunakan untuk mengaplikasikan glitter tersebut. Meskipun sudah menggunakan kuas yang tidak fluffy, kondisi kuas yang kering tetap rentan akan partikel glitter yang berjatuhan.

Oleh karena itu, gunakan kuas yang sudah dibasahi dengan setting spray atau face mist agar glitter dapat menempel pada kuas dan tidak mudah jatuh ke area mata.

Bersihkan Riasan Glitter Hingga Tidak Ada yang Tersisa
Nah, setelah menggunakan riasan makeup dengan glitter, pastikan Anda membersihkannya secara menyeluruh hingga tidak ada glitter yang tertinggal. Membasuh wajah dengan air atau mencuci wajah untuk membersihkan riasan glitter pada mata bukanlah jawabannya.

Cara yang paling efektif dan aman untuk membersihkan riasan glitter pada area mata adalah dengan menggunakan oil-based eye makeup remover pada kapas. Kemudian, usapkan secara lembut ke arah luar untuk membersihkan riasan glitter. Sehingga, partikel glitter pun tidak akan tergosok dan menggores kelopak mata, apalagi masuk ke dalam area mata.

Namun, jika terlanjur ada partikel glitter yang masuk ke dalam mata, jangan gosok mata Anda. Melainkan, gunakan cairan pembersih mata untuk membantu partikel tersebut keluar dengan sendirinya. Jika ada keluhan, segera temui dokter. (vemale.com/Putri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.