Pentingnya Konsumsi Paprika Bagi Penderita Diabetes, Ini 3 Alasannya

Paprika
Ilustrasi
    Bagikan:

PortaMadura.Com – Memperhatikan apa yang akan dikonsumsi itu perlu dilakukan penderita diabetes. Karena mengonsumsi berbagai makanan bisa meningkatkan kadar gula darah dan memperburuk penyakit. Oleh karena itu, ada beberapa makanan yang bisa dan tidak boleh dikonsumsi.

Salah satu makanan yang bisa dikonsumsi penderita diabetes yaitu paprika. Bahkan, mereka disarankan untuk mengonsumsi karena beberapa alasan. Apa saja?.

Memperlambat Proses Cerna Karbohidrat dan Lipid
Anthocyanin yang hadir dalam paprika menghambat aktivitas 2 enzim pencernaan utama yaitu alfa-glukosidase dan lipase. Enzim alfa-glukosidase membantu mengubah karbohidrat menjadi glukosa, sedangkan lipase pankreas membantu dalam degradasi lemak. Jika pencernaan karbohidrat dan lipid melambat, konsentrasi gula darah dan lipid juga berkurang, sehingga menurunkan risiko hiperglikemia dan membantu mengendalikan kadar glukosa darah.

Tinggi Zat Antioksidan
Dengan peningkatan kadar glukosa darah dan hiperlipidemia, Anda jadi lebih rentan terhadap stres oksidatif. Capsicum mengandung kadar phytochemicals tinggi yang berperan sebagai antioksidan kuat. Senyawa ini mengikis radikal bebas berbahaya yang dilepaskan akibat stres oksidatif dan menurunkan risiko berbagai komplikasi kesehatan akibat diabetes.

Rendah Kalori
Diabetes berkaitan erat dengan obesitas. Mengonsumsi paprika yang rendah kalori akan merangsang pembakaran lemak dan mempercepat metabolisme tubuh. Sehingga akan mengendalikan diri dari obesitas dan menjaga kadar gula darah tetap terkendali dengan baik.

Penelitian yang dipublikasikan dalam Journal Natural Products Research menunjukkan bahwa paprika kuning lebih baik daripada paprika hijau dalam mengendalikan kadar gula darah pada penderita diabetes. Konsumsi paprika juga lebih baik dimasak daripada dimakan mentah. (merdeka.com/Desy)


Ikuti Berita Kami Lainya di Google Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.