oleh

Jangan Asal Percaya Brosur, Begini Cara Pilih Mobil Baru yang Benar

PortalMadura.Com – Membeli mobil baru harus benar-benar jeli atau tahu tentang mobil. Bukan hanya asal memilih berdasarkan bentuk luarnya yang keren atau fiturnya yang terlihat canggih.

Padahal, bentuk dan figur yang disematkan tersebut belum menjamin kualitas dari mobil yang ingin Anda pakai. Apalagi jika mobil tersebut akan digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Perwakilan dari Tim Riset dan Pengembangan PT Astra Daihatsu Motor, Audi Tarantini, memberi tips bagaimana cara memilih mobil baru, agar konsumen tidak kecewa.

Sebagai contoh, ia menunjukan bagaimana cara yang benar memilih mobil baru. Kunci utamanya, kata dia, jangan langsung percaya dengan brosur.

“Naik ke mobil, begitu tutup pintu, coba dengarkan keheningannya dulu. Bagaimana suara pintu ketika tertutup. Karena, kami menambahkan banyak tambahan karet-karet untuk meredam itu semua,” ujarnya di Jakarta.

Saat uji berkendara, rasakan bagaimana pengendaliannya. Apakah setir terasa berat atau tidak. Ini dilakukan saat mobil melaju dalam kecepatan rendah.

“Kalau mobil baru, untuk kecepatan rendah terbilang ringan (setir). Seperti sedan, jadi tidak berat,” tuturnya.

Kemudian, rasakan bagaimana suspensi meredam getaran berbagai kondisi jalan. Coba lalui jalanan yang tidak rata atau bukan dilapisi dengan aspal halus.

“Kalau terasa goncangan atau getarannya di punggung, berarti tidak nyaman. Pelan saja begitu, bagaimana kecepatan tinggi. Itu beda sekali antara mobil yang baru dan lama,” jelasnya. (viva.co.id/Putri)


Komentar