Jangan Diabaikan, Ini 5 Kebiasaan Tak Sehat yang Sering Anda Lakukan Saat Mandi

Avatar of PortalMadura.com
Jangan Diabaikan, Ini 5 Kebiasaan Tak Sehat yang Sering Anda Lakukan Saat Mandi
ilustrasi

PortalMadura.Com merupakan salah satu aktivitas yang harus dilakukan setiap hari untuk membersihkan kotoran, bakteri, atau kuman yang jadi sumber penyakit di tubuh.

Aktivitas ini sekilas memang terlihat sederhana, namun ternyata banyak orang melakukan kebiasaan buruk saat mandi yang bisa membahayakan kesehatannya.

Lalu, apa sajakah kebiasaan tidak sehat itu?. Simak ulasannya berikut ini:

Terlalu Sering Mandi dengan Air Hangat
Mandi dengan air hangat akan membuat Anda merasa rileks terutama setelah seharian beraktivitas. Itulah sebabnya banyak orang yang doyan mandi dengan air hangat.

Sesekali mandi dengan air hangat memang tidak mengapa. Namun saat Anda keseringan mandi dengan air hangat, kulit akan kehilangan minyak alaminya. Akibatnya kulit jadi mudah kering dan gatal.

Menghabiskan Waktu Terlalu Lama di Kamar Mandi
Berapa waktu yang Anda butuhkan untuk mandi? Apakah lebih dari 30 menit?. Jika ya, sebaiknya kurangi kebiasaan itu. Sebab, semakin lama Anda mandi maka akan semakin sering Anda mengguyur tubuh Anda dengan air yang juga bisa menyebabkan minyak alami kulit terkikis.

Lipid yang berfungsi untuk menjaga kelembapan kulit juga menipis. Akhirnya kulit pun mudah kering. Oleh karena itu, cobalah untuk mandi tidak lebih dari 10 menit setiap harinya.

Sabun yang Terlalu Wangi
Sabun yang wangi mampu menjadi mood booster dan menjadikan kegiatan mandi jadi lebih menyenangkan. Namun, Anda perlu berhati-hati dengan sabun yang terlalu wangi karena bisa mengandung paraben, pewarna sintetis, natrium lauril sulfat, dan formaldehid yang bisa membuat kulit jadi kering serta kehilangan elastisitasnya.

Maka dari itu, akan lebih baik jika Anda menggunakan sabun yang terbuat dari bahan-bahan alami atau minyak esensial.

Menggunakan Spons Mandi yang Sudah Usang
Saat mandi dengan sabun cair, maka Anda akan menuangkannya di spons atau puff agar berbusa lebih banyak. Saat Anda memiliki kebiasaan tersebut sebaiknya jangan menggunakan spons yang sudah usang karena bisa jadi spons tersebut menjadi sarang bakteri untuk berkembang biak.

Ada baiknya Anda menggantinya sebulan sekali. Sebab, menggunakan spons yang sudah usang dan mengandung bakteri dapat menyebabkan infeksi di kulit serta gatal-gatal.

Membilas Tubuh Kurang Bersih
Meski sedang terburu-buru, selalu bilaslah tubuh dengan sempurna. Sebab, sabun atau produk pembersih lainnya yang tertinggal bisa menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.

Selain itu, rajinlah keramas untuk mencegah munculnya jerawat di wajah atau punggung jika Anda berambut panjang.

Lima kebiasaan di atas memang terlihat tidak penting. Namun, jika Anda melakukannya terus-menerus maka akan menimbulkan gangguan kesehatan yang serius. (merdeka.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.