Jangan Dibuang, Ini 7 Manfaat Kulit Pisang bagi Kecantikan

Avatar of PortalMadura.com
Jangan Dibuang, Ini 7 Manfaat Kulit Pisang bagi Kecantikan
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Pisang merupakan salah satu buah yang disukai karena mempunyai banyak khasiat bagi kesehatan tubuh. Selain itu, ternyata pisang juga termasuk buah yang bernutrisi hingga kulitnya. Benarkah demikian?

Berikut ini beberapa khasiat untuk kecantikan kulit. Kulit buah pisang kaya akan antioksidan, vitamin, dan mineral, di antaranya vitamin B6, vitamin B12, magnesium, dan kalium. Nutrisi yang dikandungnya mampu mendorong regenerasi sel, menjadikannya sempurna untuk mengobati berbagai masalah kulit.

Berikut ini penjelasannya:

Menghilangkan Kutil
Kulit pisang bisa dimanfaatkan untuk menyingkirkan kutil. Tempelkan bagian dalam kulit pisang pada kutil. Diamkan semalaman.

Menyembuhkan Jerawat
Pisang merupakan pengobatan alami yang bagus untuk jerawat berkat sifat antibakteri lektin dan seng yang efektif membantu menyembuhkan jerawat lebih cepat dan berpotensi mencegah munculnya jerawat yang baru.

Bagian dalam kulit pisang yang diusapkan ke kulit wajah, dada, atau punggung yang berjerawat selama 5 menit bisa membantu meredakan inflamasi dan mengeringkan jerawat.

Melembapkan Kulit
Kulit pisang mengandung nutrisi pelembap yang bisa menjaga agar kulit tidak kering. Haluskan kulit pisang, lalu campurkan dengan satu kuning telur omega. Aplikasikan sebagai masker wajah. Diamkan selama 5 menit, kemudian bilas wajah hingga bersih.

Mengatasi Gigitan Nyamuk
Kulit pisang ternyata juga bisa meredakan rasa gatal dan ruam kemerahan yang disebabkan karena gigitan nyamuk. Tempelkan bagian dalam kulit pisang yang masih segar di area kulit yang digigit nyamuk.

Memutihkan Gigi
Gosokkan bagian dalam kulit pisang di gigi setiap hari selama satu menit. Ini bisa membantu gigi terlihat lebih putih secara alami.

Menenangkan Kulit Psoriasis
Psoriasis merupakan penyakit autoimun yang bisa membuat kulit meradang kemerahan. Untuk mengobati kulit yang sedang sakit dan mengurangi rasa gatal, oleskan kulit pisang di atasnya.

Menurunkan Berat Badan
Secara mengejutkan, kulit pisang ternyata bisa dimakan! Setelah dibersihkan, konsumsi kulit pisang seperti biasa. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa seseorang bisa kehilangan berat badan sebanyak 2 kilogram tiap bulan karena kebiasaan ini.

Demikian beberapa khasiat kulit pisang untuk perawatan kecantikan kulit wajah dan tubuh. Coba salah satunya di rumah, ya. (merdeka.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.